ricky_uki wrote:
> [...]
> programnya seperti hank tapi komputer tidak hank. padahal saya uji
> pertama kali tidak selama itu. komp yang saya gunakan p4 1,8G dg
> winXP. setelah saya lihat dalam 1 bulan itu terjadi 5 ribuan
> transaksi dengan jumlah item yang terjual hampir 10 ribuan.
>
> pertanyaan:
> 1. apa karena terlalu banyaknya transaksi yang menyebabkan program
> yg saya buat jadi seperti itu ?
> soalnya waktu saya coba langsung ngakses MySQL nya juga lama dan
> error karena waktunya habis. tapi kalo transaksinya sedikit aksesnya

banyak user yang mengakses database akan mempengaruhi kecepatan akses data.

> 2. gimana database(tabel) yang baik(akses cepat) untuk program POS ?

kalo ini tergantung kebutuhan masing masing, jangan lupa untuk create index
> permasalahan kedua, no faktur penjualan saya buat dengan 6 digit.
> kalo saya lihat transaksi yg selalu banyak tiap bulannya no faktur
> tsb akan cepat habis (no 999999) dan no akan kembali ke 000001 lagi.
> itu artinya no faktur akan bentrok.
>
> 1. bagaimana menyelesaikan masalah tsb ?

buat format sendiri misal 160107-000001, 160107 adalah tanggal hari ini,
sisanya adalah nomor urut perhari,jadi keesokan harinya nomor urut
kembali menjadi 1