Aan Isnaini wrote:
> Dear All,
> Di perusahaan tempat saya kerja (berlokasi di Cikarang Bekasi - Jababeka)
> akan implementasi SAP dimana server akan berada di USA.
> adapun data yang ada adalah sebagai berikut:
> - Lokasi server:  Cleveland USA.
> - Koneksi: ISP menggunakan Indosat dengan Bandwith 512 kbps - 1 Mbps
> - Jumlah Client: 30 User.
> - Modul yang digunakan: semua modul kecuali modul HR dan CRM.
>
> Mohon share pengalaman dan hasil implementasi SAP dengan konfigurasi seperti
> diatas. Jika diperbolehkan kami berkunjung dan mendapat informasi lebih
> [...]

Sebetulnya saya sudah melihat ada beberapa implementasi SAP di beberapa
BUMN dan oil company Indonesia yang nation-wide. Rata rata punya
dedicated VSAT link 256-512 Kbps. Memang jadi ada latency, tapi masih
acceptable dan VSAT linknya private, bukan lewat Internet.

Nah dalam kasus anda ini, bandwith dari Indosat itu merupakan private
link untuk WAN company anda, atau koneksi Internet bebas? Lalu garansi
SLA-nya bagaimana? Kalau bisa digaransi uptime over 99% dan latency
under 1 sec, mungkin masih bisa melihat contoh company-company di atas.

Kalau soal cross visit, rasanya susah, lebih baik anda ask for
consulting services dari SAP Indonesia untuk hal ini, selain mendapatkan
reliable support service juga mereka pasti punya sample implementation case.