Saya pribadi menganggap usia battery itu bagian dari resiko pakai notebook.
Sama seperti anda pakai mobil, mesti beli bensin, pakai kendaraan umum,
mesti bayar transport, pakai komputer, mesti bayar listrik, dsb.

Dengan sadarnya resiko ini, battery notebook saya selalu dalam keadaan
terpasang.

Untuk monitoring berkurangnya kapasitas battery, saya menggunakan
MobileMeter http://www.geocities.co.jp/SiliconValley-Oakland/8259/ dan
membuat catatan secara periodik.

Contohnya saja, dalam kurun 1 tahun, kapasitas battery notebook saya
berkurang sekitar 15%.

Anda mau cabut battery? Bisa saja, tapi tentu ada resikonya juga. Jika
listrik mati mendadak, pekerjaan anda yang belum disimpan otomatis hilang.

Salam
Albert