Bravo om Jon, ini baru jawaban yg tepat

Istilah dumb terminal emang biasanya langsung mengacu ke layar ijo untuk
akses mesin2 IBM ; S/390, S/36, S38, AS/400 & AIX generasi awal atau
terminal 3270, 5250.

Jaman sekarang apa lagi sejak TCP/IP populer nggak perlu barang beginian
lagi, karena banyak emulator 3270.5250 yg jalan di PC platform.

Masih pake dumb terminal untuk akses S/390 .. AS/400 ?

regards,
Iwan