Sekedar sharing, mungkin ada beberapa rekan yang pernah atau suatu saat
mengalami hal yang sama.
Karena sifatnya sharing, jangan kasih saran yang aneh2 ya, karena masalahnya
sendiri sudah selesai :)

Kisahnya (halah...) dimulai ketika saya diminta memperbaiki PC pribadi milik
seorang babe. OS menggunakan Windows yang (sepertinya) original dan sudah
digunakan beberapa bulan dengan normal.  Entah bagaimana kasusnya, PC itu
mengalami kerusakan yang cukup parah mulai dari start yang sangat amat
lambat, network yang tidak berfungsi, dll. Karena pertimbangan data, waktu,
dan software yang cukup banyak (hampir semua legal), maka babe tidak/belum
bersedia untuk dilakukan clean install. Akhirnya saya lakukan proses repair
dengan menggunakan CD Windows OEM milik saya.

Proses repair berjalan lancar, masalah yang sebelumnya ada sudah tidak
terjadi, dan ketika saya periksa aktivasinya dibilang bahwa Windows sudah
teraktivasi. Wajar, karena proses repair memang tidak mereset aktivasi
tersebut. Case closed... harusnya.

Karena kesibukannya, si babe jarang menggunakan PC tersebut dan lebih sering
dengan notebooknya. Beberapa bulan kemudian, saya dapat order untuk memasang
modem 3G di PC tersebut. Ketika login, saat proses loading profile muncul
notifikasi:

 "Your Windows has not been activated. Do you want to activate now?" [Yes]
[No]
Kalimat yang benar saya lupa, tapi mirip2 seperti itu.

Jika klik No, maka kembali ke menu login.

Jika klik Yes, lalu muncul pesan:
"Your Windows is already activated. Click OK to exit." [OK]
Klik OK maka Windows langsung log-off dan kembali ke menu login.

Kesimpulan: terjadi looping terus menerus dimana proses loading profile
tidak berhasil dilakukan karena di satu sisi windows dianggap belum
aktivasi, tapi ketika ingin aktivasi dibilang bahwa proses aktivasi sudah
dilakukan.

Tes boot ke safe mode, proses login bisa berjalan lancar. Hanya saja, tidak
bisa dilakukan aktivasi dari mode ini.
Jadi sama sekali tidak ada masalah dengan profile, OS, dll. Semua disebabkan
si "aktivasi" itu.

Bingung, waktu terbatas, dll.. akhirnya saya pakai "cara kasar" untuk
mereset proses aktivasi tsb pada menu safe mode.
Setelah reboot, login bisa dilakukan secara normal. Sampai saat ini sih,
belum ada keluhan error yang sama terjadi lagi. Entah karena memang tidak
terjadi, atau si babe tidak pernah pake PC tersebut :)