Sebenernya secara teori sih sama aja,,,,maksudnya mau pake wajan atau
kaleng itu sama aja dengan metode bridge dengan menggunakan sectoral
antenna atau grid antenna untuk directional maupun bidirectional,,,,nah
sama aja,,,,jadi pertama2 yah harus diliat dulu,,,,jarak
pandang,,,apakah LOS atau non LOS

Kalau LOS baru bisa,,,,kalo non LOS yah diusahakan gimana caranya agar
LOS,,,seperti di pertinggi ampe beberapa meter,,,agar kondisi menjadi
LOS----->(menjawab masalah untuk seberapa tinggin antenna yang di
gunakan),,,,nah masalah panjangnya kabel dari PCI wireless maupun USB
wireless ke antenna itu pun ada perhitungannya,,,biasanya sih paling
masalah di lost kabel,,,dalam artian berapa banyak sinyal yang lost pada
kabel jika kabel terlalu panjang,,,ada baiknya anda memperhitungkan dulu
jarak antara antenna dengan Pci wireless anda,,,,,,

            Besarnya wajan berpengaruh pada receive signal + reflektor
untuk seberapa jauh atau seberapa baik signal di transmit,,,,,

            Gampangnya sih,,,,anda harus melakukan survey dulu,,,jika
jarak kurang dari 1km anda dapt menggunakan antenna kaleng,,,untuk jarak
diatas itu sampai

            Dengan 4 km jarak udara,,,anda bisa menggunakan antenna
wajan,,,atau ada juga antenna yagi (yang ini bentuknya kaya antena
tivi),,,,jadi semuanya

            Tergantung dari situasi anda sendiri ,,,bagaimana keadaan
kondisi site,,,,apa  yang dibutuhkan,,,baru di lakukan jika
memungkinkan,,,,CMIIW

            Maap kalo ada salah,,,,,,saya sendiri masih seorang
nubi,,,,:D:D:D

maaf mas mengganggu neh, saya mau bertanya. jika kita menggunakan
internet dgn kaleng dan wajan apa saja kita yang perlukan selain kaleng
dan wajan tersebut ? apakah diameter wajan dan tinggi kaleng yang kita
gunakan juga harus kita ukur berapa besar dan tingginya, teruzz kalo'
gitu berapa ukurannya, masalah USB wireless nya gimana tu,apakah kita
masih perlu kabel untuk menghubungkan dari wireless ke komputer kita.
saya rasa cukup sekian dulu pertanyaan dari saya ,oh iyaaa mas maaf
sebelumnya kalo' saya sedikit bawellll neh......... hehehehehehehe.
please help me... i need your help OQeeeeyy

5:32 AM