pbgabsi wrote:
> Interesting idea, BTW kualitasnya di compare dengan skype gmn?

Kalau untuk LAN, jelas sama saja, karena anda bisa pakai codecs yg sama
persis dipakai di telephone biasa, seperti G.711
Silahkan baca baca sendiri di : http://www.voip-info.org/wiki-Codecs

Lain kalo anda mau VoIP antar negara, seperti saya ke Indonesia yang
fakir bandwidth. Mau gak mau kudu pakai codecs. G.732.1 yg cuman 5 Kbps.
Sehingga kualitas suara rada rada metallic.

Kalo sudah fakir bandwith begini, Skype lebih unggul karena dia pakai
P2P untuk transfer data, sehingga overall throughput jadi besar karena
effect P2P. Sedangkan SIP dan IAX adalah point to point. Tapi kalo mau
dipakai di LAN, jelas anda foya foya bandwidth bukan?

Sekaligus peringatan, yg punya koneksi Internet dengan metered usage,
ketika anda menjalankan Skype, walaupun sedang tidak dipakai, dia akan
dijadikan supernodes buat pembicaraan orang lain di sekitar jaringan
anda, jadi the meter keep ticking.
> Trus utk IP Phone dengan budget dibawah 100 USD (bukan yg usb) kira2
> pakai merk type apa ya?
Kalo emang minat bisa saya koneksikan dengan provider di sini, ntar bisa
beli dari dia.