pbgabsi wrote:
> Gua biasanya pakai Fluke, lumayan mahal USD 1500 (paling murah) tapi
> report lumayan lengkap seperti loss, panjang, redaman
> Tapi sayangnya belum bisa multi mode cable, hanya max CAT5E, belum
> bisa CAT6 dan FO

Saya sebetulnya rada rada geli kalo dibilang "pakai Fluke", soalnya
Fluke Networks itu kan nama brand, dengan belasan model yg ada dengan
bermacam capability. Saya ingat jaman tahun 1999, beli DSP-2000, sudah
ada modul buat test FO dan Gigabit Ethernet di Cat5e. Jadi meterannya
tetap sama, tinggal injector dan respondernya diganti.