On Friday 08 June 2007 12:50, Albert Siagian wrote:
> [...]

tergantung definisi dulu nih,
(1)FOSS itu Freeware or Opensource
atau
(2)FOSS itu Free Software and Opensource

Kalau menurut Om Albert yang pertama ya? CMIIW.

Kalau menurut saya FOSS itu maksudnya Free Software and Opensoure.
Free and Open Source itu AND, bukan OR, jadi kalau kita bicara FOSS artinya
harus Free (bebas, bukan free dalam arti gratis) dan salah satu syarat
kebebasan adalah harus ada source codenya.
Free Software sendiri tidak sama dengan Opensource ! Nah loh, alias beda kubu.

Free Software (software bebas) juga tidak sama dengan Freeware (software
gratis).

Kalau cuman perduli sama kebebasan untuk mempergunakan suatu software saja,
oke deh boleh pakai freeware.
Tapi kalau peduli kebebasan secara keseluruhan ya harus Free Software bukan
Freeware.
Kalau kita bicara kebebasan secara keseluruhan maka suatu software harus bisa
kita modifikasi sesuai kebutuhan kita, dan hanya bisa dilakukan kalau secara
lisensi memungkinkan dan secara teknis ada source codenya.

Pada tingkat awal concern kita adalah kebebasan pemakaian software, tingkat
selanjutnya adalah kebebasan untuk mengembangkan dan mendistribusikan lebih
lanjut suatu software sesuai kebutuhan kita.
Masing2 kita mempunyai kebutuhan yang berbeda tapi jangan campur adukan
Freeware (software dengan harga gratis) dengan Free software (software
bebas).

Free software juga tidak artinya gratis malah dianjurkan untuk di jual semahal
mungkin.
bisa baca di http://www.gnu.org/philosophy/selling.html

Kebebasan itu kadang tidak ternilai, seperti para pejuang kemerdekaan kita
yang rela mengorbankan segalahnya termasuk nyawanya untuk kemerdekaan negara
kita.

Jadi jangan heran kalau "biaya" migrasi ke Linux pada kasus2 tertentu bisa
lebih mahal dari pada beli lisensi. Tergantung berapa "nilai" kebebasan itu
bagi kita masing2.

salam,

Ase

- --