Ini yang sering dilupakan :
- Bekerja sesuai JOBDESK, kalo gak ada minta sama atasan.
Wajib hukumnya punya jobdesk biar ada batas pekerjaan yg jelas.
Seringkali Technical Support overload bukan mengerjakan pekerjaan
utama/jobdesk tapi kerjaan lain dari request user.
1-2 kali sih gak papa bantuin, lama-kelamaan bisa babak belur krn yg
dibantuin gak tahu diri :-))

--- In ITCENTER@yahoogroups.com, "JIMMY JOSHUA - SBA TRANSPORT"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

>       Menjadi Seorang Technical Support
>       Selain sebagai administrator terkadang aku juga
"diperbantukan" untuk menjadi technicall support, ternyata untuk
menjadi technicall support ini ngga lah se gampang yang orang kira,
selain butuh pengetahuan perangkat komputer, Kita juga butuh mental
Baja, untuk menghadapi orang orang yang terkadang menyulitkan, selain
itu Kita tidak bisa kerja 1 per satu, selalu saja Ada intrupsi nya,
jadi butuh kesabaran yang tinggi untuk menjadi seorang IT Helpdesk
atau IT Technical Support. Disini aku akan menyimpulkan bagaimana
menjadi seorang technical support yang handal, Dan terkadang aku juga
ngga tahan emosinya, tapi Ada beberapa tips yang patut diketahui Dan
Ada juga beberapa situasi yang paling ngga Kita sukai dalam bidang
profesi seperti ini, mungkin hal ini bisa terjadi karena peraturan
mengenai IT Technicall support itu sendiri yang belum jelas. oke,
dimulai dari contoh seorang technical support yang baik diantaranya
adalah:
>       Contoh baik nya
>         a.. Update, Dan implementasikan, maksudnya adalah kemampuan
menggunakan pengetahuan pada situasi baru, IT itu selalu berkembang,
Dan Kita juga ngga bisa tinggal diam, seorang IT technical support
harus selalu mengembangkan dirinya terhadap hal hal yang baru, metode
metode yang baru, sistem yang baru, walaupun di dalam infrastruktur IT
Kita Kita belum memiliki sistem tersebut, jawabanya adalah
"Virtualisasi".
>         Dengan kemampuan ini disertai dengan kemampuan berfikir yang
logis Dan praktis akan membentuk kemampuan seorang troubleshooter yang
handal sehingga kemampuan dengan mengadaptasi suatu pengetahuan pada
situasi yang baru akan sangat penting Dan baik untuk seorang support
>         b.. Disiplin Pribadi, segala sesuatu yang harus dikerjakan
oleh seorang IT technical support seharusnya terjadwal Dan tertata
dengan baik.
>         Menjadi support yang berdisiplin mempengaruhi beberapa
aspek, misalnya dengan membuat daftar jadwal, deadline, meeting,
dengan membuat prioritas deadline ini maka support menunjukan rasa
hormat terhadap waktu user
>         c.. Menghormati semua user, Angota Tim, Dan atasan, meski
tidak dibalas, hal ini merupakan bagian yang cukup sulit, terkadang
kalau Kita selesai membantu orang Kita pasti berharap, ya , setidaknya
tersenyum Dan say "thanks!", bagaimana kalau dia tetep jutek ?, ingat
bukan itu inti dari semua ini karna, yang paling penting adalah
persepsi user terhadap masalah Dan itulah yang harus di jawab oleh
seorang support.
>         Menunjukan rasa hormat merupakan sebuah pernghargaan atas
nilai pengetahuan seseorang.kenapa hal ini penting untuk seorang
support karena jika user tidak percaya bahwa Kita tidak dapat
menangani masalah dengan baik maka Kita akan mengalami kesulitan
komunikasi.
>         d.. Kemampuan Dan mau berkomunikasi, hal ini juga sangat
baik untuk Kita pada saat Kita mengidentifikasikan masalah yang Ada
oleh user, Kita harus memiliki social engineering yang baik dengan
jadi pendengar yang baik Dan ramah, user akan lebih senang
menceritakan masalahnya
>         Karna seorang support adalah jembatan antara user Dan
support Dan support juga di kenal di semua kalangan organisasi, maka
dari itu support harus dapat menerjemahkan antara bahasa teknis Dan
bahasa sehari Hari sehingga user dengan mudah mencerna penjelasan
seorang support, support harus belajar mendengarkan user, melihat
realitas masalah, menerjemahkan deskripsi mereka kedalam bahasa teknis
Dan memperbaiki segaligus menjelaskan solusi masalah yang dialami agar
bisa di mengerti user
>         e.. Kemampuan berfikir logis Dan kreatif, hal ini sangat
penting untuk diperhatikan bagi seorang technical support karna setiap
penjelasan memiliki jawaban teknis yang logis yang harus dijelaskan ke
user dengan semudah mungkin untuk dipahami ketika user bertanya.
>         Support harus memiliki teknologi yang konsisten Dan pola
berfikir yang logis dalam menyelesaikan masalah, sehingga dengan
begini walaupun support menemui masalah baru namun kemungkinan besar
IA dapat memecahkan masalahnya, atau setidaknya IA mengetahui
mekanisme masalah yang dialamainya.
>         f.. Sikap rendah hati, ini juga penting, karna jika Kita
merasa aji mumpung Kita yang paling jago soal IT Kita bisa semena
mean, kalau Kita berfikir orang lain tidak bisa bekerja Tampa Kita,
hal itu sudah salah besar, karna itu akan mencerminkan bahwa IT
technical support adalah pusat degradasinya performance kerja, karna
yang harus Kita lakukan hanyalah agar Kita tidak sombong terhadap
user, Dan menghargai penjelasan user
>         Dalam prosesnya support harus siap untuk membaca manual,
menerima koreksi dari yang lain menanyakan solusi kepada kolega atau
bahkan menekan f1 untuk help, untuk mewujudkan hal itu semua
dibutuhkan sikap yang rendah hati.
>         g.. Belajar dari pengalaman Dan pelatihan, yup, jangan takut
sama hal ini, intinya sih belajar,coba,rusakin
>         Support harus selalu mengupdate pengetahuanya di bidang nya,
karena karakteristik teknologi tidak pernah berhenti terhadap waktu
Dan akan terus berkembang, Dan jika seorang support ingin tetap
produktif maka IA harus selalu mengupdate pengetahuanya
>         h.. Cara kerja yang terperinci, yaitu dengan memperhatikan
hal hal kecil yang Ada di komputer, Dan Kita diharuskan mengetahui
seluruh sistem Dan cara kerja komputer, jadi pada saat Kita melakukan
troubleshoot Kita melakukanya dengan step yang baik. Dan akan
mendapatkan hasil yang cepat Dan analisis yang tepat
>         Dengan memberi perhatian pada hal kecil yang Ada di komputer
adalah hal yang penting bagi seorang support sehingga dengan
membebaskan masalah user sementara Kita dapat memecahkan persoalan
yang masih harus dihadapi
>         i.. Dedikasi Dan komitmen menyelesaikan masalah, jangan
pernah menyerah, karna Kita harus mencari permasalahan sampai ke akar2
nya Dan menyelesaikanya.
>         Seorang support harus memiliki komitmen untuk melihat
masalah sampai ke penyelesaianya dimana seperti yang Kita ketahui
kepuasan user terletak dari keberhasilan Kita menjawab permasalahnya
untuk kembali bekerja
>         j.. Dapat menentukan prioritas, dengan mempelajari sistem
kerja yang Ada di perusahaan Kita dapat menentukan prioritas siapa
yang lebih di dahulukan ? Kalau aku sih yang lebih di dahulukan adalah
"Staff" daripada "Boss" karna bos tinggal nyuruh staff untuk kerja.
>         support harus mengetahui peran masing masing karyawan dalam
organisasi sehingga jabatan / fungsi kerja dari karyawan yang meminta
bantuan akan menjadi faktor utama dalam memberi prioritas tugas
>         k.. berbagi pengetahuan dengan anggota tim, atasan, dan,
user, dengan cara mengajari user dengan bahasa yang lebih mudah
>         aspek pengetahuan khusus dari kemampuan komunikasi support
adalah mau berbagi pengetahuan, selain itu support juga harus mau
mengedukasi user,melatih user, supaya menggunakan aplikasi dan
periferal secara efektif dan mengajari mereka bagaimana cara
melaporkan masalah komputer secara akurat.
>         l.. Minat akan teknologi, slalu ter update mengenai
bidangnya ya dengan langganan majalah komputer ( minta bayarin kantor )
>         support juga harus memiliki minat yang tinggi atas
perjalanan teknologi hal ini akan berpengaruh saat organisasi berada
dalam tahap pembaruan, sehingga support akan mempengaruhi sikap user
dalam pembaharuan dan penggunaan teknologi terbaru ini
>       Contoh sikap buruk seorang IT Technical support
>         a.. melakukan Komunikasi yang tidak sepantasnya, (misalnya
he he, mau bantu masalah user tapi muka cemberut ? ) kalau misalnya
kita disuruh memasang cartridge printer, tentu kita akan memasang
cartridge itu, namun jika kita memasang cartridge itu dengan muka yang
cemberut, dan resah, dan berfikir apakah kita menghabiskan kuliah 4
tahun untuk memasang cartridge ? itu semua salah.
>         kenapa tidak jadikan saja kesempatan untuk mengedukasi user ?
>         b.. Pamer, dengan menggunakan bahasa yang tidak benar akan
terkesan pamer di mata user, seperti bersihkan cache windows dan hapus
objek network, ini mungkin banyak user yang tidak memahami arti ini,
sehingga dimaata kita itu adalah benar, dan user akan terlihat bodoh
dan menilai kita pamer seolah olah kita adalah superior dalam hal itu.
>         lebih baik berikan instruksi klik by klik
>         c.. Hilang kesabaran, (aku masih payah di areal sini nih),
terkadang ada beberapa user yang buta terhadap komputer dan
pengoprasianya, dan membuat kita kehabisan kesabaran. karna beberapa
masalah kecil dari user yang tidak dapat menggunakan komputernya.
>         d.. Kasar, walaupun itu adalah masalah spele, sebaiknya
berikan kenyamanan untuk user dengan baik, sehingga memungkinkan user
akan membuka komunikasinya dengan lebih terbuka kepada kita, mengenai
komputer dan masalah yang dialaminya
>         e.. Tidak memberi informasi, segala hal hal yang baru dan
berubah dalam lingkungan komputer sebaiknya di beritakan informasinya,
walaupun user tidak mengerti
>         f.. Kurang dokumentasi,tidak memberikan instruksi yang
konsisten adalah langkah buruk bagi seorang it support, sebaiknya kita
membuatkan sebuah prosedur dalam hal tertentu langkah demi langkah,
sehingga user dan kita tidak repot dengan proses dan komunikasinya
>         g.. Berbohong, nih parah nih mah
>         h.. Kebanyakan Memberi informasi, Nah ini jg ngga perlu, ga
harus ngalor ngidul juga kan ?
>         i.. Tidak memberi pelatihan, nah ini jeleknya, kalau mau
bantu, ingat, sambil beri pelatihan, bisa dengan cara user di
instruksikan, atau user melihat apa yang kita kerjakan, itu lebih baik
>         j.. Gagal mendengar, ini dah kaco kalau gini
>       Keluhan user
>       hal hal yang paling sering di keluhkan user adalah beberapa
hal berikut ini :
>         a.. aplikasi hardware ga jalan, yup terkadang ini cukup
menyebalkan kalau kita gagal memasang hardware baru untuk user.
>         b.. jaringan lambat ( lumayan sering ), ini tips yang sering
aku lakukan di kantorku:
>         c.. Cek Antivirus Update
>         d.. Msconfig dan matikan program yang tidak perlu
>         e.. Scan Running Program dan matikan
>         f.. Restart ke save mode
>         g.. Scan Spyware
>       a.. sering harus merubah password
>       a.. layar monitor terkunci
>       a.. bukan sebagai administrator komputer sendiri, kadang kalau
user tau, dia jadi ngga bisa install aplikasi keinginan dia, dan itu
menghambat dia
>       a.. spam filtering, terkadang ada user yang ngga mau di filter
filter, dan dia gemar sekali buka situs porno
>       a.. akses web dibatasi, hmmm, gimana dengan ini ?
>       a.. tidak boleh menggunakan pc untuk urusan pribadi
>       a.. IT tidak responsif, bisa jadi karna terlalu banyak
antrian, atau kita yang malas
>       a.. IT arogan ( hehe )
>       Beberapa contoh keadaan yang tidak mengenak kan oleh seorang
IT technicall support
>         a.. Disuruh memperbaiki dokumen word yang berantakan
>         b.. Disuruh membuat dokumen yang ngga lazim
>         c.. hey ? kemana toolbar ku ?
>         d.. memarahi IT TS, karna spyware kyg minta dikukakan akses
portnya.
>         e.. tidak mau menceritakan kenapa komputernya begini hanya
mengatakan "ah ngga tau tiba tiba begini"
>         f.. menelfon dan membentak bentak ketika komputernya kena virus
>         g.. menelfon dengan nada keras ketika icon program di
desktop nya ilang
>         h.. dll..
>       Sebagian Material diambil dari majalah PC Media,kalau ada yang
mau bagi pengalaman ? ceritakan aja...