On Thursday 12 July 2007 14:19, [Timotiez] wrote:
> Rekans Linuxer..
>
> Saya hendak tanyakan mengenai migrasi Windows ke Linux menggunakan
> alternatif Open Source untuk kantor saya dengan kebutuhan sbb:

Selamat. Congratulation, Proficiat.
Pilihan yang tepat.

> 2. server bisa firewall, dns, band-width management, QoS

Yang ini linux jagonya :)
Di bidang ini, linux bukan bersaing di kelas windows, tapi di kelas cisco :-)

> 3. server bisa email server (local untuk domain name sendiri
> company.co.id)

Hampir semua distro linux sudah include mail server
Kalau domain-nya cuman satu, postfix mudah sekali.
Kalau domainnya banyak, qmail lebih mudah.

> 4. server ada anti-spam

opensuse 10.2 yang saya gunakan sudah pre-installed spamassasin

> 5. server bisa anti-virus (update data virus centralized di server)
> seperti

Belum pernah pakai (untuk apa? gak ada windows di sini), tapi aku
buka "software management" di opensuse, antivirusnya ada.

Btw, kalau seluruh workstation mau di-migrasi ke linux, tidak perlu buang
resource terlalu besar untuk urusan virus.

> 6. server ada service FTP untuk download file/program dari kantor
> cabang.

Hampir semua distro linux sudah include FTP server.

> 7. workstation bisa emulator (atau Virtual Machine) untuk running
>    program dibuat menggunakan Ms Access (windows)

Saya belum coba, tapi daripada pake emulator (tetap mesti beli lisensi MS
Access yang mahal), ada petunjuk untuk migrasi dari MS Access ke Openofice
base di
http://searchenterpriselinux.techtarget.com/tip/0,289483,sid39_gci1236205,00.html

> 8. workstation bisa emulator untuk running DOS program menggunakan
>    Clipper/foxpro DOS

Dosemu (DOS Emulator) jalan bagus di linux.
Beberapa teman sudah mencoba menjalankan clipper dan foxpro dengan baik.

Saya tidak menguasai clipper/foxpro, tapi kalau bisa migrasi tentu lebih baik,
karena bagaimanapun, emulator itu tidak dianjurkan. Url di bawah bisa jadi
bahan untuk pertimbangan:
http://www.recital.com/index.htm?/articles/cm/foxproMigration/foxpro2linux.htm&mainFrame

> 9. workstation mirip seperti Windows untuk alasan kemudahan oleh
> pemakai.

KDE mirip sekali dengan windows. Kalau instal openSUSE, pilih "KDE"
Namun, tidak ada salahnya mencoba menggunakan GNOME. Beberapa teman saya
mengatakan, gnome yang di ubuntu lebih bagus, lebih indah dan user friendly
dibandingkan dengan Windows XP bahkan vista.

> 10. workstation bisa ada MSN/yahoo messenger

Saya menggunakan "gaim" untuk kebutuhan tersebut.
Tidak jago jago amat, tapi stabil.
Ada pula teman teman yang menggunakan gyach karena fitur-nya lebih lengkap.

> 11. kurang lebih untuk 100 user/PC
> 12. Internet saya dedicated 256 kbps (wireless - 8 ip public)
> 13. Backup internet Speedy Unlimited (PPPoE)

Yang tiga nomer terakhir ini mestinya tidak masalah di OS.
google.com melayani jutaan orang dengan linux :)
Urusan ini lebih banyak di persoalan managemen jaringan.

Oh ya.
Ada dua point yang tidak ditanyakan, tapi perlu dipertimbangkan (dipelajari
sebelum migrasi):
1. online update.
2. backup

Adi Nugroho
PT. iNterNUX - Internet Service Provider
Jalan Dr. Sam Ratulangi No. 53J Makassar
Tel. +62-411-834690  Fax. +62-411-834691
CDMA:+62-411-6109535/GSM:+62-816-27-9193