Cara pake software recovery untuk office tidak bisa  karena file yang
tersebut telah tertimpa oleh file lain. Secara header file information  dia
mengatakan bagian file saya ada di sector sekian, track sekian, cluster
sekian, dia tidak melihat oh ini benar file excel bukan, jadi  apa yang ada
di bagian yang telah tertimpa os baru di anggap bagian dari file excel
tersebut. Saya pernah punya pengalaman serupa untungnya data pribadi saya.
dan ketika file itu saya recovery bagian badan tengah file itu adalah bagian
file installasi windows. jadi anda hanya bisa berharap orang tersebut mo
memaafkan dan ada backupnya.

Best practice yang saya lakukan adalah bagia dua patisi c dan d jika ingin
install ulang os tinggal format c drive sedangkan drive d tempat data tidak
akan hilang. Best practise untuk backup user menggunakan file server untuk
user.jadi copy drive d ada di network drive file server.

JIka anda ingin berpengalaman dalam hal ini, maka anda harus menjadikan
bidang komputer sebagai hobby anda. bukan sebagai sekedar  mencari uang
untuk gaji. Dengan begitu anda akan mendapatkan hal hal yang baru dan sangat
berguna baik bagi anda atau perusahaan anda.

Satu hal yang perlu anda ingat backup adalah hal yang penting. Saya pernah
hampir menghilangkan database perusahaan mulai dari tahun 1981 sampai tahun
2004. Dan pada waktu itu adalah hal yang paling menakutkan dalam hidup saya.
Untungnya backup sore hari yang ada di komputer saya belum di hapus.