Tujuannya apa dulu nih? Untuk monitor secara langsung atau Cuma untuk
ngerekam kejadian.

Kalau *amit-amit... knock wood* terjadi sesuatu, apa yang bisa dilakukan?

Alternatifnya mungkin lebih tepat pasang alarm, motion detector  atau
magnetic contact untuk pintu... trus kalau ada orang masuk rumah, alarm
bunyi, tetangga / satpam datang, sekalian bisa telpon ke nomor tertentu

Bisa saja webcam dipakai untuk monitor situasi, tapi yaaa resolusinya
rendah, apalagi kalau di broadcast ke internet.

Dan webcam ini bisa juga dipakai untuk alarm, tinggal bikin triggernya aja.
Jaman dulu banget waktu masih punya webcam di kantor,  sekitar tahun 2000an,
itu aja udah bisa ngerekam kalau ada gerakan di kamera. Apalagi sekarang,
pasti udah lebih canggih... sorry nggak tau fitur webcam jaman sekarang,
nggak punya webcam sih...

Sptnya mau coba spt itu,tapi gimana cara buatnya ya..
1. Apa saja yg dibutuhkan? mestinya sih Web Cam,.. (nggak perlu CCTV ya..),
saya mau coba yg sederhana dulu, dimana jarak camera dan komp/server hanya 6

meter.Komp/server ada di rumah saya.

[Thio :] Hmmm kalau webcam pakai USB, kira kira bisa dipanjangin nggak yah
sampe 6m..
Sebagai pertimbangan lain. kalau mau murah meriah CCTV bisa digabungkan
dengan PC. Tinggal beli DVR Card, harga bisa dapet <2jt... tinggal cari aja
di mangga dua, banyak... trus camera kecil 200rb an, bisa 100m tergantung
kabel. 1 DVR card bisa 4 camera, dan itu sudah bisa di publish ke Network /
Internet

2. Komp - pasti, tapi nggak tahu apakah nanti harus jadi server / desktop
biasa. Perlu distro khusus?

[Thio :] Kalau pakai DVR card biasanya sih kudu pake Windows.

3. Krn bisa diakses dari luar, berarti butuh koneksi internet. Ini sdh ada,
RT
RW net, B/W lebar, online 4 jam

[Thio :] Bandwidth lebar itu biasanya downlink yang lebar. Sementara untuk
liat CCTV / Webcam, butuh uplink yang lebar. mungkin bisa di cek dulu, jadi
nggak kecewa kalau sudah di install. Saya pakai Indonet via kabelvision
personal, nggak kuat untuk lihat CCTV di kantor... saya curiganya bottleneck
di uplink nya..

4. Aplikasinya apa ya?.. under linux apa ? windows?

[Thio :] Sama diatas

5, kalau saya lihat di web tsb, sptnya web cam tsb memotret tiap interval
waktu, kmd disimpan ke HD?, dan kmd bisa dilihat oleh user...

[Thio :] kalau di webcam memang bisa di set interval. Cuma masalahnya di
webservernya gimana? Gimana cara 'merangkai' image itu jadi movie, secara
otomatis
Kalau ada yang tau, saya juga mau tau hehehehe

Semoga menjawab

Thio