Saya pakai Vista jauh sebelum diluncurkan (sejak RC1, Beta 2 hingga final
release) karena dapat hadiah dari Microsoft (jadi no problem dengan harga).

Awalnya saya pasang di notebook Centrino 1,6 GHz tapi beratnya minta ampun.
Ternyata penyebabnya karena VGA Shared Intel GMA915 belum kuat untuk Vista.
Begitu ganti notebook ke CoreDuo dengan VGA Shared Intel GMA950, baru deh
kerasa enaknya kerja di Vista. Memori 1GB dengan processor 'murah meriah'
T2050 1,6GHz juga sudah lumayan. Tapi minusnya, konsumsi baterai 2 kali
lipat XP.

Mengenai kompatibilitas dengan program-program yang sering hanya jalan di
XP, mungkin bisa diakali dengan "Run this program in compatibility mode for
Windows XP (Service Pack 2)".

Tentang pengamanan (bukan keamanan), Windows Defender dan Windows Firewall
cukup bisa diandalkan. Saya termasuk punya keahlian untuk mencegah,
mendeteksi dan menghilangkan virus (tanpa mengandalkan AV), dan sejauh ini
menurut saya aman-aman saja dengan tool bawaan Vista.

Mengenai bug, sudah hal lumrah. Tinggal tunggu service pack, atau cukup
aktifkan automatic update.

Agar tidak terasa lambat (bagi pengguna Vista maupun XP) saran saya
sebaiknya matikan fitur system restore (tapi sebelumnya kenali
konsekuensinya).

Arif Rahmat

bukan orang MS

codena.co.id