Kagem Emil,

memang sulit memberikan standar terutama ps rakitan.
tapi coba pikir untuk kedepannya. saya tidak akan begitu saja
memilihkan komponen semurah2nya kalo ada yg ingin bikin pc rakitan.
setelah lama mereka menabung dan ingin punya pc dengan uang terbatas
akhirnya cuma dapat barang rongsokan.
misal ada teman minta rekomendasi pc dengan harga 2 juta + monitor dan
ingin komputer baru. bisa saja saya bikinin spek seperti dia minta dan
semua komponen baru. tapi saya tidak akan menyarankan begitu. lebih
baik beli pc seken misal pentium 3 refurbish yg jauh lebih murah tapi
lebih handal daripada pc 2juta tersebut. mungkin memang tidak
sekencang pc baru. tapi kalo malah bikin masalah terus kan kasian.
terserah Anda mau menentukan standar seperti apa.
buat saya reliability lebih penting daripada sekadar ada.

buat komputer 10 juta buat masa depan kemungkinan malah dapat yg lebih
baik daripada 10 juta sekarang.
setiap kali ada produk baru pasati yg lama akan dipangkas, bukan
karena jelek.
misal prosesor athlon 64 singlecore pertama kali keluar bisa seharga $250.
sekarang Anda bisa mendapatkanya dengan budget itu athon64 x2 5000+
dualcore.
yg namanya standar pasti ada jangka waktunya.

untuk saya pc rumahan mutimedia setidaknya 6-7 juta, gaming minimal 8
juta. itu juga pasti berdasar pengalaman dan kondisi.

--
Nuwun,
bAKT                            mailto:[EMAIL PROTECTED]

Friday, September 28, 2007, 2:06:02 PM, Sampeyan nyerat:

.