Memang benar begitu. Itu sebabnya saya katakan, kalau keinginan orang
terlalu jauh dengan standard minimum, saya tolak (bukan memaksakan)  :-)

> Saya punya kenalan , dimana kantornya memakai server dengan
> OS-nya Red Hat.
> Dan jumlah PC client kurang lebih 10. (saya lupa berupa
> percisnya) Apakah dia harus membeli server yang di atas 10jt jg.

Pertama, itu bukan masalah dia, tapi masalah anda yang perlu mencari jalan,
agar ide dan penjelasan anda bisa diterima mereka dengan baik.

Kedua, bukan masalah dia perlu beli server mahal atau murah, tapi anda
tentukan batas bawah (minimum) yang anda bisa pertanggung jawabkan.
Misalnya, menurut penelitian anda, yang termasuk bagus adalah server harga
minimum 8 juta, maka itulah yang anda pertahankan. Kalau harga minimum yang
bisa dipertanggung jawabkan adalah 5 juta, itulah yang anda pertahankan.
Jangan sampai dibawah harga minimum.

> so, intinya , kebutuhan (inventarisasi pekerjaan) yang akan
> dilakukan oleh server adalah prioritas utama.
> bukan standarisasi.

Kalau server murmer tersebut bermasalah, artinya prioritas utama dia
terganggu kan?

> 10 jt akan dianggap kecil sebagian orang terutama untuk
> golongan perusahaan menengah ke atas.

Tergantung dari anda juga sih. Kalau 25 user itu menurut anda masuk golongan
perusahaan apa? Toh dengan user segitu, saya bisa yakinkan bos sebuah
perusahaan untuk beli Server rakitan yang harganya 10 juta. Di tempat lain,
saya bisa yakinkan manajemen perusahaan, untuk meningkatkan standard harga
PC Desktop, dari total 4 juta, menjadi total 6 juta per unit.

> 10 jt , untuk sekarang mngkin anda bisa katakan sebagai harga standar.
> tpi apakah 2-5 tahun ke belakang sudah menjadi standar ?
>
> 10 jt , untuk sekarang mngkin anda bisa katakan sebagai harga standar.
> tpi apakah 2-5 tahun ke depan akan tetap menjdi standar anda ??

Bisa iya, bisa juga tidak. Teknologi kan berubah terus. Kenapa mesti takut
suatu saat mengubah standard?

Satu contoh, tahun 2005, standard saya untuk PC Desktop adalah yang harganya
4 juta (tanpa monitor). Dulu hanya dapat kelas Celeron. Awal 2007, standard
saya tetap 4 juta, tapi saya bisa dapatkan Core Duo dengan RAM 512MB dan
casing Enlight. Sekarang, dengan harga yang sama, saya bisa dapat Core 2
Duo, RAM 1GB dan Enlight. Selama 3 tahun, standard harga saya tetap, tapi
standard teknologi berubah.

Jadi kalau saya merekomendasikan hardware dengan standard tertentu, yang
digunakan adalah standard _hari ini_. Bulan depan mungkin hardwarenya ada
yang discontinue atau keluar opsi yang lebih baik, sehingga standard perlu
di update untuk kepentingan masa depan.

Salam
Albert