Hi,
Cara terbaik untuk membuat grounding adalah dengan menancapkan konduktor
(batang/kabel solid) atau kabel dengan kepala tembaga (plane/persegi atau
paku) ke dalam bumi.

Kabel yang digunakan adalah kabel solid, bukan serabut.

Cara yang paling bagus adalah dengan ikut mencemplungkan kabel ini ke dalam
bumi saat Anda membuat sumur pompa. Kedalaman grounding yang bagus ini
sangat beragam. Di beberapa daerah kadang 5-10 meter sudah cukup. Di
beberapa lokasi kadang butuh sampe lebih dari 20-30 meter. Harus diukur dulu
untuk pastinya.

Grounding yang benar2 bagus juga harus diukur dulu untuk dipastikan.
Bagusnya cek ke ahli listrik yang biasa memang megang grounding. Apalagi
yang main audio, grounding benar2 harus bagus karena efeknya sangat
signifikan untuk meningkatkan kualitas suara.

Ini merupakan teknik grounding yang benar dan direkomendasikan. Saya juga
sering denger ada yang pake teknik tancep ke tembok atau ke pipa air. Saya
tidak merekomendasikan cara ini karena kadang pipa air yang digunakan tidak
menggunakan bahan logam sehingga relative tidak bermanfaat. Teknik tancap ke
tembok juga tidak bermanfaat menurut saya hehehe...

Thanks.

Sincerely,
Jimmy Auw.