Dear all,

Saya ada kasus nih.

3 Bulan yang lalu saya ganti Mailserver saya dengan komputer yang lebih baru.
Beberapa minggu kemudian, tepatnya kapan saya lupa.
Malam hari saya dapat laporan dari teman-teman yang ke luar daerah mereka tidak
bisa kirim mail via Webmail.
Webmailnya sih bisa diakses. Pada saat send email gagal dengan pesan smtp tdk
jalan.
Besok paginya Setelah saya check saya mendapatkan hal dibawah ini pada komputer
Mailserver :

Masalah :

1. Coba Browsing tidak jalan. Kalau Browsing jalan smtppun tidak ada masalah.
Demikian sebaliknya kalau browsing tidak jalan pasti smtpnya juga macet.
2. Ping ke Gateway tidak ada masalah
3. Di Test dari Client akses webmail bisa pada saat kirim mail gagal.

Solusi :

Berhubung cari-cari di lognya belum dapat komputer saya restart dan masalah
beres.
Masalahnya setelah 24 jam  begitu lagi, terpaksa besok paginya saya restar lagi.

Sudah beberap hari saya lakukan ini berhubung belum ada jalan keluarnya.
NIC sudah saya ganti tidak menyelesaikan masalah.

Kira-kira masalahnya di mana ya ? mohon masukan dari semuanya.
Terimakasih.

Step