Tetap saja penjelasan tadi membingungkan orang-orang teknis.

Kalau pertanyaannya saya ubah menjadi... "Apa saja sistem di perguruan
tinggi yang sangat erat hubungannya dengan komputer?" maka berdasarkan
pengalaman dan pengamatan saya, berikut sebagian jawabannya:

-          Sistem Informasi Akademik, mencakup tetapi tidak terbatas pada

o   penerimaan mahasiswa baru

o   perwalian, pengambilan mata kuliah dan perubahannya

o   penjadwalan, pengalokasian ruang dan dosen

o   pemeriksaan ujian pilihan ganda menggunakan scanner dokumen

o   pengelolaan data dosen, mahasiswa, mata kuliah, ruang kelas, jadwal
kuliah

o   pemberian nilai akhir, penghitungan per semester

o   penentuan kelulusan, warning DO

o   evaluasi pembelajaran dengan kuesioner

o   pencetakan ijazah

o   pelaporan data ke Dikti Depdiknas

-          Sistem Informasi Perpustakaan, mencakup tetapi tidak terbatas
pada

o   peminjaman, pengembalian dan denda

o   pengelolaan data koleksi, pengguna, dan statistik yang menarik

o   pengalihmediaan buku menjadi dokumen digital

o   keterhubungan dengan sistem perpustakaan di tempat lain

o   pencarian dan pemesanan buku yang dibutuhkan

-          Sistem Pembelajaran Online

-          Sistem Informasi Keuangan

-          Sistem Informasi Kepegawaian

-          Sistem Informasi Pengelolaan Aset dan Sumber Daya

-          Sistem Informasi Pengguna Internet dan account e-mail

-          Situs Web dan Layanan Publik Berbasis Komputer

-          Sistem Informasi Riset dan Pengembangan

-          Sistem Informasi Pemberdayaan Masyarakat

-          Sistem Informasi Eksekutif

-          Sistem Informasi Lowongan Kerja bagi Lulusan

-          Sistem Pengamanan Gedung Kampus dengan CCTV

-          Sistem Informasi Kenaikan Angka Kredit bagi Dosen (biasanya bagi
universitas pelat merah)

Silakan bagi yang ingin menambahkan, semoga sesuai dengan jawaban yang
diinginkan saudara penanya.

Arif Rahmat

http://codena.co.id

http://suteki.co.id