Ok. Terima kasih atas input dari teman-teman. Kelihatannya
kecenderungan ide yang saya tangkap mungkin adalah lebih baik untuk
me-refill cartridge bekas asli printer-printer merk HP di kantor saya.
Bukan begitu? Apalagi menurut informasi yang saya dapat cartridge bisa
direfill 4-5 kali; hanya yang saya ingin lebih tahu dalam
perbandingannya dengan modifikasi infuse + refillnya.

Rgds

--- In ITCENTER@yahoogroups.com, "Henkie Basuki Djayapranata"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Saya sendiri belum berpengalaman di bidang perinfusan tinta.  Hanya
tahu sistimnya dari katalog-katalog dan pameran.

> Tinta sistim infus, hanya ekonomis kalau digunakan oleh perusahaan
atau perorangan yang terus menerus mencetak, setiap hari.  Kalau untuk
penggunaan tidak setiap hari, tentu tidak ekonomis dan ribet.

> Karena itu, saya sekarang hanya menggunakan cartridge tinta non HP,
yang harganya sudah sangat murah.
> Sebagai contoh, harga cartridge tinta yang original, T038 dan T039
untuk Epson CX41/43/45, di atas 100rb, sedangkan cartridge tinta yang
non original, seperti merek Data Print atau apa saja, harganya hanya
sekitar 20rb ~ 30rb saja.