--- In ITCENTER@yahoogroups.com, Robby Sirwaturai <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Dear all,
>
> Apakah video conference berbasis IP

Ini pakai standard H.323 Narrow-band videoconferencing over
non-guaranteed quality-ofservice packet networks (LAN, Internet, etc.)

> dapat menghubungi sistem yang berbasis ISDN

Ini pakai standard H.320 Narrow-band videoconferencing over
circuit-switched networks (N-ISDN, SW56, dedicated networks)

> atau PSTN,

Ini pakai standard H.324 Very narrow-band videoconferencing over the
general (dial-up)telephone network

>dan sebaliknya?
> Jika dapat, apakah dibutuhkan alat khusus, seperti converter dsb?
> Jika tidak, sistem video conference apa yang umum digunakan di dunia?

Jadi sudah kelihatan kalau ketiganya tidak saling compatible. Jaman
sekarang yang paling survive adalah yang lewat IP (H.323). Jadi alat
alat lama yg based on other H.3xx umbrella biasanya menawarkan
converted untuk masuk ke H.323 system, being called as "gateway". Tapi
ini saya lihat hanya ada di merek mahal, seperti Polycom dan Tandberg,
dan biasanya hanya untuk yang H.320 to H.323 saja. Dan dengan harga
yang tidak murah dan supportnya, lebih baik ganti ke model baru yang
H.323. Cuman saya sendiri juga tidak suka H.323, karena untuk multi
party, butuh MCU, ini mahal juga. At the end, saya masih menunggu
berkembangnya protokol SIP di area video conferencing ini. Sementara
untuk hardware, masih terbatas di voice doang. Yg bisa video baru
software saja.

> Renananya kantor saya akan menggunakan video conference untuk
berhubungan dengan client. Tetapi saya bingung mau pakai yang mana,
apalagi kalau satu sistem tidak compatible dengan sistem yang lain.
Masa saya harus pasang 3 sistem video conference di kantor.

Ya anda tidak punya pilihan lain, kudu ganti semua ke system yang
sama, dan kalau perlu beli MCU juga.
At then end, walau kurang optimal dan kurang stable, solusi software
lebih masuk akal untuk saat ini