--- In ITCENTER@yahoogroups.com, Rega <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Aloo semua..,
> aku punya kasus nih.., dikantor install access point tapi sering ada
tamu yg pake koneksi wifi.
> itu artinya sekali dia terhubung ke AP dia langsung ada di network.
Sebetulnya para tamu hanya perlu
> untuk acccess internet dan ngeprint aja. tapi masalahnya si printer
itu adalah network printer. Ada yg punya pengalaman
> bagaimana cara membatasi para tamu supaya hanya bisa internet tapi
juga bisa ngeprint tanpa access ke LAN.

Pisahkan antara network untuk Wireless dan network untuk LAN. Kemudian
taruh router diantaranya yang bisa dijadikan choke point untuk
mengatur akses. Entah dengan metoda MAC address, IP assignment,
password, etc