--- In ITCENTER@yahoogroups.com, "Apipi" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Dear Rekan IT-er
> Saya sekarang udan pindah kerja ke kantor yang baru.
> Sedangkan data saya ada di tempat kerja yang lama dan blm sempat ke
copy, data tsb penting sekualee! kalo sengaja datang bertamu dan hanya
copy data aja kan, gimanaaa gitcuuu....
> Gimana caranya saya bisa copy data tsb via IP Address (kompi yg dulu
saya pake selalu online.)
> Apakah harus pake tambahan software?

Walau mungkin di Indonesia belum ada ketepatan hukumnya, baik secara
perundangan maupun jurisprudensi yang mengatakan ttg hal ini, di
negara yg lebih maju, paling tidak di USA dan Singapore yang saya
tahu, segala macam bentuk data yang ada komputer aset kantor ataupun
di lingkungan kantor, sekalipun itu isinya foto pribadi misalkan,
adalah intelectual property milik kantor. Segala macam usaha
mengeluarkan data dari sana, apalagi setelah anda resign, adalah
security breach dan IP theft.

Barusan di Singapore, Citibank bisa menuntut sekitar 10 orang
karyawannya yg pindahan ke UBS dan membawa data customer. Setiap orang
sampai kena ratusan pelanggaran dalam Computer Misuse Act dan dendan
puluhan ribu dollar.

Jadi saran saya, lupakan saja data tersebut.