--- In ITCENTER@yahoogroups.com, "Viper Car" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> [...]
>
  *Access
> Point (AP) --- Client WLAN*
>
> 10.0.10.1/50
> 2. untuk Fastnet baru saya pakai ( new connections ) dengan konfigurasi
>
>     *Provider2 ------- Modem --- WRT54G (Linksysy) DHCP --- Client(WLAN)
>
> *DHCP Linksys saya kasih IP diluar range tersebut (mis:
> 192.168.10.120-192.168.10.170) dengan maksud ketika client memilih
ketika
> memilih AP dari fastnet bisa masuk ke local network, yang jadi masalah
> adalah ketika client memilih WLAN dari WRT54G tersebut dan masuk ke
Local
> Network, IP Client yang diterima bukan dari range linksys yang saya
kasih
> tetapi client mendapat IP DHCP Server.
> DHCP access saya ambil karena agar management lebih mudah dan tidak
> menyusahkan client yang awan untuk configurasi network.
> untuk masalah saya tersebut diatas, kira-kira configurasi apa yang harus
> saya lakukan kembali.terimaksih atas bantuannya.

Saya rada tidak mengerti dengan notasi ini : 10.0.10.1/50 dan
192.168.10-20/100. Biasanya tanda /xx itu digunakan untuk notasi
subnet, dan otomatis angka maksimumnya adalah 32. Ini kok bisa 50 dan
100 yah?

Selain itu implementasi DHCP server tidak sama. Ada DHCP yang
memberikan response setelah 2-3 packet RARP dikirim, ada yang rada
lemot setelah 7-10 RARP packet baru response. Kalo keduanya dijajarkan
dalam layer II yang sama, walaupun service rangenya berbeda, tetap
saja client akan latch ke DHCP server yang lebih cepat memberikan
response. Untuk melakukan segmentasi broadcast domain seperti ini VLAN
digunakan. Mau tidak mau client dalam wireless WRT54G harus dipisahkan
dengan VLAN yang berbeda dengan segment cabled-nya