Kalo masalah nggak bisa ping itu berarti ICMP-nya nggak jalan sempurna.
Bisa juga destination address-nya nggak mau me-reply ICMP ( biasanya karena
diblok sama firewall ).
Kalo mau tahu gimana caranya mendisable firewall di linux itu tergantung
dari distro atau firewall yang dipake.
Silahkan rajin-rajin baca manual distro yang anda pake. Pada kasus anda,
saya nggak familiar dengan madrake (mandriva?) ini.
Kalo mau nge-remote linux server biasanya saya pake ssh. Tapi sebelumnya di
linux server-nya pastikan ssh service-nya jalan. Trus dari windows jalankan
program Putty. Kalo masih bingung juga silahkan baca-baca tentang ssh di
google.

Salam
Moh. Shaleh