tinggal liat manual book-nya kalau kurang jelas tanya paman -google-aja

--- On Mon, 7/14/08, Albert Siagian <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
From: Albert Siagian <[EMAIL PROTECTED]>
Subject: Re: [ITCENTER] Cara Seting Linksys WAP 54G
To: ITCENTER@yahoogroups.com
Date: Monday, July 14, 2008, 3:38 PM

            Anung Aditiya wrote:

> Dear Pak Jimmy,

> Kebetulan saya juga sering mensetting Wireless devices Linksys ini dikantor
> saya, dan mudah-mudahan bisa membantu bapak.

> Yang saya tahu (mohon koreksinya) kalo untuk settingan security ini
> sepertinya protocol WPA (bukan WAP) itu merupakan protocol proprietary milik
> Linksys dan belum standar untuk semua wireless client merek lain selain
> Linksys.

WPA bukan milik Linksys dan kompatibel dengan non-Linksys.

> Kalau pengalaman saya dikantor, akan lebih mudah kalau bapak menggunakan
> protocol security WEP dan di Linksys pun sudah ada 2 jenis WEP yaitu WEP
> 64bit dan WEP 128bit dan bedanya hanya di jumlah karakter dimana untuk WEP
> 64bit hanya mendukung s/d 10 karakter dan untuk 128bit bisa mendukung s/d 26
> karakter.

> Adapun untuk protocol WEP ini sudah didukung oleh semua Wireless client
> bahkan yang masih mendukung protocol Wireless 802.11b.

Terbalik, justru WEP yang jangan dipakai lagi, kecuali sangat sangat

terpaksa.

Kalau di tempat saya, saya hanya mengizinkan WPA. Kalau device-nya belum

support WPA, ya ngga boleh konek ke LAN. BTW, dalam banyak kasus (tidak

semua), support WPA bisa dilakukan via update driver atau update patches

Windows. Misalnya, XP SP1 standard, belum support WPA.

Salam

Albert