Rekans,
salam, saya baru mulai aktif lagi hari ini dikarenakan saya belakangan
ini cukup sibuk dengan pekerjaan saya.

Ingin cerita dan minta pendapat, saya kemarin ini mendapatkan info dari
rekan saya mengenai satu tempat hosting dan saya akhirnya tertarik
kemudian berlangganan.

Waktu awal2 saya memang udah curiga karena waktu awal dijanjikan domain
akan aktif setelah kurang lebih 30menit. Karena setelah 1jam tidak
aktif juga, maka saya menelpon bertanya malah saya dibilang kaku (????)
dan saya tanya estimasi selesai berapa lama lagi malah dibilang sabar
tunggu aja dan again dibilang kaku (????). Tapi ya uis, saya waktu itu
ga terlalu masalah.

Pada saat sudah berlangganan dan ada beberapa masalah dengan hosting
tersebut saya sering kali menelpon untuk meminta solusi dari
supportnya. Yang saya heran, saya sering kali mendapatkan jawaban yang
boleh dibilang kurang baik dari support seperti misal salah satunya
adalah pada saat pembayaran melalui transfer, dituliskan berita
acaranya untuk pembayaran domain kantor saya, namun saya ditagih terus
sehingga saya menelpon dan saya bertanya apakah mungkin ada kesalahan
dalam pembacaan oleh bagian accounting tempat hosting tersebut dan
akhirnya saya dibilang menuduh tempat hosting tersebut. Aneh ga tuh ???
Apa ada layanan pelanggan bilang pelanggannya menuduh dirinya ???
Memang betul mungkin kesalahan ada pada accounting kantor saya atau
pihak bank tapi apa tidak bisa digunakan kata2 lain selain bilang saya
menuduh ?

Kedua, saya ada domain pribadi dan saya daftarkan di situ, kemudian
saya tidak mendapatkan juga email notifikasi pembayaran serta username
dan password hosting saya. Kemudian saya minta agar dikirimkan kembali
email notifikasi tersebut karena saya tidak menerima email itu sama
sekali, lha, saya malah dapet email seperti ini (even dikirimkan juga
email yang saya minta) :

HARAP DIPERHATIKAN, bahwa SBH tidak berkewajiban untuk mengirim kembali
INVOICE atau TANDA TERIMA, sehingga anda harus menyimpan dengan baik
informasi dimaksud, termasuk menginfiormasikan kepada kami apabila
terjadi perubahan alamat email, karena kami hanya akan mengirim
informasi penting terkait dengan account hosting pelanggan ke alamat
email yang terdata pada database kami. Terima kasih

Lha, saya tidak dapat email apa2 lantas apa pula yang saya harus simpan
dengan baik ? Saya harus menyimpan dengan baik sesuatu yang saya tidak
dapat ? Melucu ato apa pula ini ?
Akhirnya saya kirim email balasan yang memprotes serta meminta
peningkatan pelayanan terutama bagian supportnya (wajar dong sebagai
pelanggan yang kurang puas mengirim kritik), lah saya mala dapat
pernyataan seperti ini :

Kami perlu menanggapi Point 2, bahwa kami berharap agar anda semakin
dapat memperhatikan hal-hal yang merupakan ketentuan pada layanan
hosting kami, agar anda mendapatkan support yang baik, yang
berkualitas. Terima kasih.

Nah lhoo, bagaimana ini ya ? Sebenernya menurut rekans saya ini salah
ato tidak ? Dan apa ini support yang baik dan saya pelanggan yang
buruk ?

Sekarang saya belum tulis nama penyedia layanannya (namun inisialnya
adalah SBH), tapi nanti akan saya tulis juga bila belum juga memuaskan
sehingga tidak ada lagi calon pelanggan lain yang akan dikecewakan
seperti diri saya. Mungkin kalo bisa saya akan bertanya pada rekans
apakah perlu saya masukkan ke dalam laporan untuk YLKI untuk ini...

Btw, kalo saya sudah langganan domain di tempat ini, kan setahun tuh,
bisa ga kalo saya ganti hosting di tempat lain ? Dan caranya gampang
ga ? Baru kali ini saya terjerumus dalam hal berlangganan, mungkin
kurang cermat mengamatinya.. :-(

Well, saya lagi mau cari tahu apakah saya sebagai pelanggan salah atau
tidak, dan saya kirimkan ke semua milis serta forum yang saya ikut
karena baru kali ini saya dapat perlakuan dari customer support
yang 'hebat' seperti ini.

Mohon pencerahan dan pendapat rekans, TIA

Sincerely,
Ivan Tan