Albert Siagian wrote:

> Hmm...mungkin bukan masalah Superfetch, tapi background indexing? Coba
> download Search 4.0 (KB940157) di situs Microsoft atau disable Search di
> Control Panel, Administrative Tools, Services.

TFYI, nanti dicoba, saya lagi search search apa saja yang bisa dilakukan
untuk memperingan kinerja Vista ini.
Anda punya URL yang membahas komplit?

> Jalankan juga Windows Update (Control Panel, Check for Update). Kadang
> ada beberapa update untuk stabilitas yang tidak di download secara
> otomatis alias optional.

Ini sudah fully updated

> Coba lihat di Task Manager, siapa yang menggunakan processor paling
> besar, host atau guest?

Ini belum bisa dilakukan, karena sambil mengetik email dan web browsing,
effectively semua GUI akses ke application jadi macet. Jadi ya otomatis
gak bisa online reading
Worst case, nanti saya akan coba record ke file semua PID yang jalan
dalam range waktu tertentu, lalu saya akan lihat kemana saja larinya CPU
time ini.

> 1.2GB. Saya dual-boot Vista 32-bit dan 64-bit. Untuk Guest, saya pakai
> Windows 2003 dan XP. Tapi laptop saya pakai processor T9300, 2.5GHZ, itu
> pengaruh kali yah..hehe...

Kalo dari sisi host, saya pakai 2 x 2.4 GHz, jadi mestinya tidak begitu
jauh dengan anda.

> Oh, ya, pada saat startup Guest, saya langsung jalankan 2 VM. Utilisasi
> processor ngga sampai 100%, jadi host masih bisa browsing atau email.
>
> Mungkin ini juga masalah di VirtualBox? Waktu jaman VirtualBox 1.x, saya
> pernah baca review-nya, katanya memang performa Virtual Disk dia lebih
> lambat dibandingkan kompetitor seperti VMWare atau Microsoft. Coba aja
> sebagai perbandingan VMWare Server 2.0 atau trial 30 hari VMWare
> Workstation 6.5.

Ya ini bisa dicoba nanti. Alasan saya pakai VirtualBox ya karena dia
bikinin Sun juga, jadi akibatnya tools buat Guest OS yang dia bikin
cocok banget jalan di windowed Guest OS. Contohnya mouse capture, saya
gak perlu In and Out dari window dengan menekan Ctrl-Alt spt di VMware,
asal mouse saya hover di atas windowed Guest OS, dia jadi part of focus
dari Guest OS tersebut. Dan ya karena pengujian terdahulu pakai laptop
Acer 2510 yang Core Duo Win XP  itu sukses running 2 VM VirtualBox,
makanya pakai VirtualBox

> Saya belum coba lagi VirtualBox, apakah dia ada setting untuk memaksa
> Guest untuk tidak swapping ke paging file Host? Kalau VMWare Server dan
> Workstation kan memang ada setting spesifik untuk itu.

Nah justru VirtualBox ini tidak bisa paging ke Host OS. Jadi kalo memang
tidak ada free memory dia akan suspend Guest OS. Doi belum punya Memory
Overcommit dan Memory Balooning seperti VMWare.