Halo Dhany,

Moga2 saya bisa ngerti maksudmu:

Jika menggunakan pendekatan coding cara kamu akan menjadi:

procedure BitBtn1Click;
var
  LocFloat: FormatSettings;
  AFloatString: String;
begin
  GetLocaleFormatSettings(, LocFloat);
  LocFloat.DecimalSeparator := '.'

  // atau pendekatan saya untuk mengubah global setting Indonesia
  // SetThreadLocale($21)
  // SysUtils.GetFormatSettings;

  // untuk mengembalikannya ke English
  // SetThreadLocale($409) atau SetThreadLocale(DefaultLCID);
  // SysUtils.GetFormatSettings;

  .. kode lain

  AfloatString := FloatToStrF(spinUangMuka.Value,
    ffGeneral, 3, 2, LocFloat);

  Query.SQL.Add(
    Format('UPDATE tc_setting SET float_field = "%s"',[AfloatStr])
  );
  Query.SQL.Add('WHERE.. bla bla..');

Nah masalah kamu: "kenapa nilainya dibulatkan?" karena formatting
digit kamu sptnya yang bermasalah, harusnya:

AfloatString := FloatToStrF(spinUangMuka.Value,
  ffGeneral, X, 2, LocFloat); // angka X harus disesuaikan dgn digitmu

kalau kamu tulis 3,2 artinya digit displaynya tidak cukup untuk nilai
24,35 atau 24,31 jadi ubah menjadi misalnya 7, jadi:

AfloatString := FloatToStrF(spinUangMuka.Value,
  ffGeneral, 7, 2, LocFloat);

Moga2 membantu,

Timotiez

--- In ITCENTER@yahoogroups.com, "Dhany Seskoadi W" <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> [...]
>
> Sehingga bisa memasukkan nilai decimal ke dalam sebuah tabel MySQL
dengan
> sebuat field bertype float ... karena MySQL menerima nilai format
desimal
> dengan tanda 'titik'
>

> Yang saya tanyakan
> 1. Nilai Apa yang harus saya masukkan untuk LCID nya (saat ini saya
memakai
> nilai asal {3} untuk nilai LCID nya yang penting ga error
hehehe ... )?
> 2. Bagaimana cara mendeteksi nilai decimal tersebut memakai Local
Setting