Rekan-rekan Ysh,

--- In ITCENTER@yahoogroups.com, Stephen Anwar <stephe...@...> wrote:

> [...]
pengguna

90% Betul ;)
Memang sasaran utamanya pengguna ibank / payment gateway yang awam soal
keamanan.

Survey yang kami lakukan awal 2010 menunjukan 90% pengguna akan klik
Yes/Continue saat muncul security warning :'(

Bahkan dalam beberapa pentest yang kami lakukan, Security Admin-pun
melakukan hal sama sehingga firewall-nya bisa kami "miliki". Karena
seluruh firewall, IPS, router, switch, dll menggunakan self signing
digital certificate, sehingga saat diakses browser akan mengeluarkan
security warning.

merepotkan

Yang ini 10% benar ;)
Kalau browser kita terkena MITB (man-in-the-browser), maka pengguna yang
highly aware-pun akan tertipu, termasuk saya :'(
Hal ini sudah dibuktikan oleh Zeus trojan.

Untuk mengetahui seberapa powerful serangan MITB, kami mengembangkan
firefox add-on di XecureIT Lab sebagai PoC. Hasilnya memang powerful
bagi penjahat. Sehingga, sebagai nasabah ibank aktif, kami semakin
termotivasi untuk menyelesaikan pembuatan XecureBrowser. Paling tidak
bermanfaat untuk diri sendiri.

Melakukan MITB amat mudah. Sehingga menggunakan XecureBrowser akan jauh
lebih aman. Analoginya: Naik kendaraan pribadi kemungkinan terjangkit
penyakit, dicopet atau dirampok jauh lebih kecil dibanding kendaraan umum.

XecureBrowser juga memiliki self-integrity checking. Sehingga jika dia
merasa dirinya bermasalah / "kurang sehat", XecureBrowser akan menolak
untuk dijalankan. Karena portable, pengguna tinggal menghapus
XecureBrowser tersebut dan meng-ekstrak lagi dari sumbernya.

Betul, keamanan >< kenyamanan.

Saya juga menulis artikel Ilusi keamanan SSL
http://think.securityfirst.web.id/?p=1932
http://think.securityfirst.web.id/?p=1941

Buat info, besok kami akan merilis XecureBrowser versi 1.1.

Semoga bermanfaat dan menjadikan kehidupan kita di dunia maya menjadi
lebih aman.

Salam,

Gildas