Sativa Huang wrote:

> ada banyak pilihan saya pribadi suka menggunakan PFsese ( Linux )
>
> Dipasang di mana : di pasang diantara jaringan lokal dan Speedy,
> gambaranya : Switch - Proxy Server - ADSL Speedy
>
> Dear Pak Stepahus,
> Mohon penjelasannya mengenai susunan:
> Switch - Proxy Server - ADSL Speedy

Card 1 Proxy Server, sementara LAN Card 2 Proxyserver dihubungkan ke
Switch  Lokal

> Proxy Server di sini adalah komputer yang diinstal program Proxy
> Server ya?
> Untuk Windows, apakah bisa pakai PFsese juga?

PFsense ini diinstall langsung ke PC yang dijadikan Router / Proxy Server )

> Pengertian saya, switch dihubungkan ke Proxy Server via Eternet dan
> demikian juga ADSL speedy? Jadi Proxy Server (Kompie) di sini harus
> punya dua eternet card?

Lokal untuk Client

> ADSL speedy di sini adalah modem? Bagaimana dengan posisi router? agar
> laptop bisa surfing via wireless connection.
> Apakah posisinya:
> Switch - Proxy Server - Router & Modem ADSL Speedy

disambungkan ke Switch Lokal, dimana switch itu terhubung ke Proxy Server

Untuk lebih jelasnya tentang PFsense bisa baca 2x di sini
http://www.pfsense.org
http://ugos.ugm.ac.id/wiki/panduan:pfsense

Semoga membantu