Dear Ade,

Seiring perkembangan platform dan bahasa pemrograman,
Ane sarankan agan tidak perlu pusing-pusing belajar bahasa C, Pascal,
maupun Phyton.

Coba saja agan belajar C#.NET, Java, PHP, atau VB.NET (fyi, 4 ini bahasa
program yang ane kuasai..^_^)
Untuk tutorialnya agan bisa menelusuri arsip format PDF, banyak di
internet.

Btw, agan membuat program untuk apa? aplikasi desktop, web, mobile, PLC,
Microcontroller, atau yang lainnya?

FYI, yang penting dalam sebuah program menurut ane :
1) Keamanan,
2) Kemudahan penggunaan,
3) Tampilan,
4) Integritas informasi (jika menggunakan basis data)

Regards,
Mr_Daud