--- In jug-indonesia@yahoogroups.com, Athi Septiani <angels_gr...@...> wrote:

> untuk web service kenapa perlu mempelajari JRuby juga??
> saya membuatnya menggunakan java adapun komponen pendukunya adalah XML, SOAP,
> WSDL.
> untuk tutorialnya apakah ada?? contoh source code nya.
> saya membuat semantic web service ttg biodivesity.
> contoh dri web biodiversity nya adalah http://www.gbif.org
> Mohon bantuannya ini merupakan proyek tugas akhir saya.

JRuby untuk membantu pemahaman konsep OOP, tapi bila sudah familiar dg OOP bisa
skip ini. Demikian pula Erlang dan Scala, bila tidak ingin menggunakan
paradigma FP tidak usah dipelajari. Sebagai catatan, pemrograman FP terkenal
tangguh untuk aplikasi dengan tingkat concurrency tinggi dan aplikasi dengan
tingkat availability ekstrim. Tapi itu semua tergantung requirement aplikasi
yang anda buat, kalau tidak butuh ya tidak usah.

Ada framework java namanya Jena http://jena.sourceforge.net/ untuk membantu
pembuatan semantic web.
Basis data graph seperti Neo4j juga dapat membantu pembuatan semantic web.

Untuk web service, bisa dipertimbangkan menggunakan REST (Representational
State Transfer) dengan berbagai representasi yang fleksibel, misal Anda bisa
menumpangkan RDF di JSON, XML, HTML, dsb. Dg demikian aplikasi yang dibuat akan
memiliki interoperability yang baik.

Kirim email ke