Mahram (orang yg tidak halal untuk dinikahi) ada 14 macam yaitu :

1. Ibu dan ibunya (nenek), ibu dari bapak, dan seterusnya sampai ke
atas
2. Anak dan cucu, dan seterusnya ke bawah
3. Saudara perempuan seibu sebapak, sebapak, atau seibu saja
4. Saudara perempuan dari bapak
5. Saudara perempuan dari Ibu
6. Anak perempuan dari saudara laki2 dstnya
7. Anak perempuan dari saudara perempuan dstnya

dua orang dari sebab menyusu
1. Ibu yang menyusuinya
2. Saudara perempuan spersusuan

Lima orang dari sebab pernikahan
1. Ibu istri (mertua)
2. Anak tiri, apabila sudah campur dengan ibunya
3. Istri anak (menantu)
4. Istri bapak (ibu tiri)

 "dan janganlah kamu nikahi wantia-wanita yg telah dinikahi oleh
ayahmu" (An-Nisa : 22)

5. Haram menikahi 2 orang dengan cara dikumpulkan bersama2 yaitu, 2
perempuan yg ada hubungan mahram, spt 2 perempuan yg bersaudara, atau
seorang perempuan di permadukan dengan saudara perempuan bapaknya,
atau anak perempuan saudaranya, dan seterusnya menurut pertalian
mahram

Firman Allah swt.

"Diharamkan atas kamu (mengawini) ibu-ibumu; anak-anakmu yang
perempuan[281]; saudara-saudaramu yang perempuan, saudara-saudara
bapakmu yang perempuan; saudara-saudara ibumu yang perempuan; anak-
anak perempuan dari saudara-saudaramu yang laki-laki; anak-anak
perempuan dari saudara-saudaramu yang perempuan; ibu-ibumu yang
menyusui kamu; saudara perempuan sepersusuan; ibu-ibu isterimu
(mertua); anak-anak isterimu yang dalam pemeliharaanmu dari isteri
yang telah kamu campuri, tetapi jika kamu belum campur dengan
isterimu itu (dan sudah kamu ceraikan), maka tidak berdosa kamu
mengawininya; (dan diharamkan bagimu) isteri-isteri anak kandungmu
(menantu); dan menghimpunkan (dalam perkawinan) dua perempuan yang
bersaudara, kecuali yang telah terjadi pada masa lampau; sesungguhnya
Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (An-Nisa:23)

Moga manfaat, untuk dipelajari sendiri..:)
sumber Fiqih islam

> From: "Marjono" <[EMAIL PROTECTED]>

Cerita

Dakwah.