Betul sekali om,
John MacDougall punya jasa yang sangat tinggi bagi perkembangan dan
reformasi Indonesia.

1996 kebetulan karena background saya IT, dan saya kenal teman2 PIJAR,
maka waktu itu saya kebagian tugas jadi webmaster dan yg posting
statemen PIJAR.

Indonesia-L ini saya kira milis pertama yang ada di Indonesia, dan
karena waktu itu temanya politik, maka segera saja banyak aktivis
bergabung di milis ini.

Pengalaman saya sendiri, ketika jadi mahasiswa memang ya otak kita
beku karena buku yg kita baca adalah buku yg telah disensor pemerintah
dan otak kita memang diarahkan oleh penguasa. Dengan adanya
keterbukaan informasi Internet sejak 1996 ini maka orang2 yang salah
satunya macam om jusfig yang "sial" sampai di negeri belanda
memberikan second opinion. Dan memang cara dia membikin second
opinionnya dengan begitu supaya kita yg di-Indonesia kerjanya tidak
melintiri jembut saja.

Dulu saya ingat banyak berita2 bawah tanah, macam SIAR dan PIJAR
sendiri dan kita cetak provokasi2 dari milis ke teman2 lain, dan saya
yakin ada benang merah/dialektika yang membuat tekad teman2 semakin
yakin perlunya perubahan, dan semakin berani karena ada "provokasi" tsb.

Reformasi 1998 seperti teori karl marx memang berasal dari banyak
faktor,diantaranya amien rais, dlsb, namun peran internet dan
keterbukaan informasi tidak boleh diabaikan sebagai suatu dialektika
mempercepat proses reformasi tsb. Saya amati sejak 1996 mulai
mengkristal. Saya akan coba susun pelan2 om, saya masih cukup banyak
simpan data, dan juga arsip indonesia-l masih ada. Doakan saja bisa
terlaksana dengan lebih cepat.

salam
wawan