FYI

Teman - teman, Hari Senin kemarin ada rapat kepala perwakilan Jerman di
Kedutaan Besar Jerman, dimana saya  (Bp. Gembong Karyawan Lintasarta)  ikut
rapat tersebut. Saat ini ada tawaran dari Pemerintah Jerman pada Pemerintah
Indonesia untuk menghapus hutang Indonesia ke Jerman sebesar 50 Juta DM
tahun depan dengan syarat bahwa Pemerintah Indonesia harus mengerjakan
program untuk:

1. Pendidikan

2. Pengurangan Kemiskinan

3. Lingkungan Hidup

Program tersebut harus diusulkan oleh Departemen Teknis melalui Departemen
Keuangan. Jerman nanti akan ikut mengontrol program tersebut apakah memang
betul dipakai untuk itu. Yang sangat saya sayangkan adalah

sampai saat ini TIDAK ADA PROPOSAL YANG MASUK KE Kedutaan Besar. Deadline
adalah 31 Desember 2001. Program ini jangan dianggap remeh. Jerman sudah
melakukan dengan PERU selama 5 tahun. Dan setiap tahun program penghapusan
hutangnya bertambah, tahun depan Programnya bahkan penghapusan hutang sampai
250 Juta DM. Untuk Teman - teman yang mempunyai relasi mereka yang berwenang
di departemen terkait, mohon segera hal ini disampaikan. Saya nanti akan
memberikan kontak orang yang harus dihubungi. Pokoknya program apa saja yang
terkait dengan 3 hal diatas bisa dilakukan, misalnya program sekolah untuk
anak jalanan dll. Yang penting koridornya lewat menteri keuangan dan
dibiayai menteri keuangan RI.

Ok, kalau kita ingin melakukan sesuatu untuk negeri ini. Mungkin ada jalur
yang bisa kita kerjakan, misalnya Training untuk Mahasiswa untuk membina
kesadaran tentang lingkungan hidup dll. Banyak hal bisa dikreate tergantung
kreativitas kita.

mit freundlichen Gruessen /

with

best regards

Dr.-Ing. Ida-Bagus Kesawa Narayana

Fraunhofer Liaison

Officer, Bumi Serpong Damai, Tangerang 15321,

Indonesia

Fax : 0062 21 5376214

Web : http://www.fhg.de <http://www.fhg.de>