> --- In [EMAIL PROTECTED], [EMAIL PROTECTED] wrote:
> On 28 Mar 2002, at 9:49, darwin_bahar wrote

Engku Jusfiq, tidak ada keraguan, bahwa upaya pengungkapan
fenomena-fenomena alam dan sosial, seperti penelitian neuroscientist yang
muttaakhir yang dilakukan Damasio, Newberg dll akan membantu para
neurolog, psikolog dan psikiater dalam meningkatkan kesehatan raga dan
jiwa manusia.

Namun seperti kita maklumi, bahwa penelitian tersebut tetap berkisar pada
tataran manusia sebagai mahkluk biologis. Bahkan tesis Doktor seorang
dokter di Surabaya yang mempelajari hubungan antara salat tahajud dengan
kesehatan ragawi manusia, menurut hemat saya masih tetap berbasis pada
tataran manusia sebagai mahkluk biologis.

Tetapi point saya bukan itu,

Seperti Anda ketahui, walaupun beberapa prinsip meditasi ditemui dalam
amalan-amalan Agama Islam seperti  zikir, tafakur, iktikaf---bahkan
salat---Islam bukan agama meditasi, yang semata-mata mencari
keteduhan/kebahgiaan batin melalui aktivitas-aktivitas ritual, tetapi juga
pada aktivitas-aktivitas sosial.

Seperti Firman Tuhan dalam Surrah Al-Mukminun ayat 1: ”Berbahagialah
orang-orang beriman, yang khusuk dalam salatnya”. Tetapi tidak berhenti di
situ, di ayat 2 sampai empat dilanjutkanNya dengan ….”dan orang-orang yang
menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tidak berguna, dan
orang yang menunaikan zakat”, sedangkan di surrah yang lain Ia berfirman
“neraka wail untuk orang-rang salat, yang lalai (tidak khusuk) dalam
salatnya, yang berbuat kebaikan untuk dilihat orang, tetapi tidak mau
memberi makan kepada orang miskin” (QS 148:4-6).

Jadi kebahagiaan/keteduhan dan sebaliknya dalam perspektif Islam tidak
terbatas kepada kebahagiaan/keteduhan dalam aspek ritual---misalnya
meditasi---belaka, tetapi juga aspek sosial dan antara keduanya ada saling
keterkaitan. Karena di dalam Al Qur’an, perintah atau keutamaan
“mendirikan salat” selalu diikuti dengan “menunaikan zakat”

Jawaban saya kepada Urpas pada dasarnya adalah dalam perspektif Islam
sebagai Agama holistik

(keteduhan yang saya bicarakan tentunya  pengalaman (batin) saya, yaitu
keteduhan yang saya rasakan manakala ketika sedang salat saya bisa lebih
sedikit memikirkan hal-hal yang bersifat duniawi, manakala dalam kehidupan
sehari-hari, sifat-sifat khianat dan dengki kepada orang lain bisa saya
kurangi, manakala sifat tamak dan serakah lebih sering bisa saya atasi,
manakala saya bisa lebih teguh untuk hanya mengambil yang menjadi hak saya
saja)

Masih bisa saya tambahkan lagi: manakala dalam berbicara lebih sedikit
dusta dibanding kejujuran, manakala lebih sedikit dendam dibanding maaf
bila saya---sengaja atau tidak sengaja---dizalimi orang, manakala dalam
hal materi saya lebih suka menjadi “tangan di atas” daripada “tangan di
bawah”, manakala saya selalu berusaha untuk peka terhadap kesusahan dan
penderitaan orang lain dan berusaha untuk meringankannya dengan semampu
saya, dan seterusnya...

Namun harus saya akui, pada saat ini banyak kaum muslimin ---termasuk saya
tentunya--- meninggalkan pendekatan holistik seperti ini, yang menurut
hemat saya merupakan sebab utama kemunduran ummat seperti ini, walaupun
harapan perbaikan bukannya tidak ada. Pembaruan-pembaruan pemikiran dalam
Muhammadiah semenjak dipimpin oleh Prof Syafii Maarif misalnya merupakan
indikator.

Akhirulkalam, saya mengucapkan terima kasih atas tanggapan-tanggapan Anda
atas posting saya, yang untuk menanggapinya lagi, saya perlu berfikir
terlebih dulu. Tetapi sebagai seorang muslim, hal ini baik buat saya. Dan
memang Al Qur’an sendiri banyak mengandung ayat-ayat yang menyuruh manusia
berfikir

Karena itu saya setuju sekali dengan Murad Hoffmann, muslim Jerman yang
menulis Islam als Alternative, bahwa “Islam adalah agama orang-orang yang
berfikir.”

Demikianlah adanya.

Wassalam, Darwin