Saya coba melihat dari sisi lain,

Kalau kita mentertawakan anggota DPR sebetulnya
sama kita dengan mentertawakan diri sendiri, karena
kitalah yang memilih mereka.

Masalah tidak bisa menggunakan lap top bukan
menimpa anggota DPR saja, tapi pada setiap orang yang
memang belum pernah memakainya. Jadi kenapa kalau ada
anggot DPR yang tidak bisa pakai lap top harus
ditertawakan ?

Kalau proyek ini memang bertujuan agar anggota DPR
kita tidak menjadi gatek (gagap teknologi) dan membuat
kerja mereka menjadi lebih efektif , kenapa tidak ?

Dengan diberi laptop konsekuensinya seorag anggota
DPR harus bisa menerima aspirasi masyarakat melalui
email, lebih informatif dalam memperoleh berita, cepat
tanggap, lebih produktif membuat laporan.
Dengan demikian maka pemberian fasilitas kerja harus
akan dibarengi dengan tuntutan prestasi kerja yang meningkat.

Kalau output yang dihasilkan bisa meningkat maka
tujuan pembelian lap ton tidaklah menjadi sia-sia,
bahkan barangkali suatu keharusan.

Mungkin sisi jeleknya  kalau proyek ini sekedar
untuk ajang bisnis (dengan harga lap top yang di mark
up) dan sekedar mencari komisi pembelian, maka proyek
ini memang perlu dipertanyakan ?

Mudah-mudahan penulis joke ini tidak bermaksud untuk
mencela semangat dalam mempelajari sesuatu, seperti halnya anak atau adik kita
yang
belajar berjalan yang acapkali jatuh,duduk, menangis, lalu berdiri
lagi, berjalan lagi, jatuh lagi dstnya, sehingga orang yang melihatnya
tertawa, memang begitulah proses pembelajaran

Pernah dalam suatu kelas seorang siswa bertanya kepada gurunya tentang
suatu hal yang tidak diketahuinya, mungkin karena pertanyaan kelihatan
seperti  kebodohan,  maka  siswa lain tertawa, tetapi pada akhir tahun
pelajaran  tertawaan  berbalik  menjadi  decak kagum karena siswa yang
bertanya tersebut ternyata menjadi siswa teladan.

Ada buku  judulnya "Computer for dummy", yang menjelaskan
perihal komputer secara detail, cara bekerja, dimana letak tombolnya,
menerangkan perangkat komputer dan fungsinya, bagi yang sudah terbiasa
menggunakan
komputer membaca buku ini mungkin terasa sesuatu keanehan, tapi
ternyata buku ini banyak terjual yang berarti banyak yang membutuhkan,
dan ternyat banyak buku seri 'dummy'ini untuk subyek-subyek lain .

Kita tak boleh mencela semangat belajar tetapi sebaliknya kita perlu
menyemangati orang untuk terus menerus belajar.

Arnoldison

--
Best regards,
 Arnoldison                            mailto:[EMAIL PROTECTED]