bang erwin dan sanak sapalanta...

  benar apa yg disamapaikan pak quraish shihab, sedangkan keturunan nabi
seyogyanya memang punah, tapi diberikan pengecualian oleh allah khusus untuk
keturunan nabi aja, dalam salah satu hadits qudsi [saya lupa referensinya]
dikatakan disatukannya dua laki2 terbaik [ali dan muhammad], dan ada pula
tentang bahwa keturunan ali adalah keturunan nabi... jadi asbab khusus itu
menjadi pengecualian...

  klo ada orang minang yg bernasab ke ibu, maka kata inyik ahmad khatib kafir,
sehingga masalah matrilineal di minangkabau gak bisa di setarakan dengan nasab,
barang siapa yg mengado-ado-an semacam itu kata beliau kafir...

  jadi apakah masih kita berpandangan klo matrilineal di minangkabau itu setara
dengan nasab???

  nah yang memahami ini tanpa berusaha merusak matrilineal di minangkabau
[tanpa berusaha merusak tatanan yg sudah ada] hanya mengurangi sedikit nilai,
yang harus terus di sosialisasikan...

  islam adalah agama rahmatan lil-alamin, jadi seharusnya tidak akan bisa
merusak suatu masyarakat... karena pangkal dari segala kesalahan adalah manusia
didalamnya... jadi semestinya bs islam itu tagak sedangkan yg namanya
minangkabau terus berjalan...

  pedihnya, wak masih melihat di milist iko nan masih ado nan manyamoan
penasaban ibu dan ayah...

  salam, cherrss...
  jabok

Erwin Z <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

maaf, ada kesalahan:

paragraf pertama kalimat tidak lengkap, seharusnya ditambahkan.. di
dalam diri mamak.

kedua, pola kekerabatannya bukan bilineal, ternyata bilateral.

saya salinkan halaman 175 buku tsb.
Sebagaimana umumnya masyarakat Austronesia, khususnya orang-orang
Nusantara seperti orang Melayu, Jawa, Kalimantan, dan Filipina, orang
Bugis pun menganut sistem kekerabatan bilateral atau dalam bahasa
Inggris disebut juga cognatic. Kelompok kekerabatan bilateral
seseorang ditelusuri melalui garis keturunan dari pihak ayah maupun
ibu. Sesuatu hal yang umum pula berlaku di kalangan masyarakat Eropa,
meskipun tidak berlaku universal. Sebaliknya, sistem kekerabatan
kebanyakan masyarakat non-Eropa, yang banyak diteliti ahli-ahli
antropologi, pada umumnya menganut prinsip patrilineal atau
matrilineal. (Manusia Bugis, Christian Pelras, hal 175-176, Januari
2006)

wassalam,
erwin z