ass ww
   Dunsanak ambo Boby Lukman dan urang  melis kasaalahe
   Apo sajo kadirencanakan kalau nan berkepentingan INDAK TERTARIK  habis aie
liua
  Chaidir N Latief

Boby Lukman <[EMAIL PROTECTED]> wrote:  Assalamualaikum...

  Soal pariwisata  di Sumbar, sebenarnya ini sudah kai lama, maksud saya, kita
hanya bisa  memberi masukan kepada pemerintah Sumbar, namun mana realisasi dari
 masukan kita itu, jangankan menindaklanjuti masukan yang kita berikan,
membacapun (maaf) mungkin hanya sekilas mereka lakukan.

  Sejak  zaman dahulu (Pak HBD sampai saat ini GF) yang duduk di dinas
pariwisata bukanlah orang yang tepat. Seharusnya yang dijadikan kepala  dinas
adalah mereka yang punya visi bagus untuk memajukan pariwisata.

  Bahkan  seperti yang sudah disebutkan, di beberapa kabupaten, yang jadi
kepala  dinas adalah mereka mereka yang tidak memiliki kompetensi dan
kapabilitas untuk itu.

  Satu lagi,  apakah SUMBAR (dengan huruf besar) punya peta dan kalender
pariwisata..?? ini pertanyaan besar untuk kita semua...saya pernah  berbicara
dengan Bupati Agam soal kalender dan peta pariwisata di  Agam...dia bilang
banyak, namun belum dipetakan dan belum dijadikan  sebagai even rutin. seperti
Ngaau Kamang, Pantai Mutiara Agam, Ikan  Jinak SUngai Janiah, Obyek wisata
pertanian dan rafting di batang  ANtokan serta yang paling gress Danau Maninjau
(dengan festival  maninjaunya dan terbang Layang di Lawang)...

  Lalu  bagaimana dengan daerah lain..antahlah yo...mungkin satali tiga uang
dengan Agam..(maaf Pak Bupati)..Dinas pariwisata di daerah, termasuk di
propinsi sibuk dengan urusan yang tidak ada urusannya dengan kedinasan.
Contoh, dari dulu saya mengkritik acara bazar bazar dan pemilihan  uda/uni
Sumatera Barat.

  seperti halnya  putri indonesia, apa hasilnya, mereka menyandang gelar (pers
dipaksa  untuk memberi gelar) kepada mereka (para bujang/gadih nan mangamek je
karajo e itu) dengan sebutan DUTA WISATA SUMATERA BARAT...Namun apa
kerjanya...NOL KOMA NOL saja...

    Siapa yang membuat ini, ya para birokrat yang kehilangan ide tadi, yang
latah dan tidak punya visi.

  Saya  mengusulkan, sebaiknya kita buat FGD (dengan izin pak Syaf sebagai
Ketua MAPPAS dan Ibu Nur yang jadi Sekjend-nya) yang melibatkan  praktisi,
pemikir dan kita kita yang pedulki dnegan wisata. Beberapa  waktu lalu saya
berbicara dengan salah seorang perantau, saya sampaikan  usulan ini, bagaimana
Pak Syaf...apa Mappas mau ambil peran disini.  kalau mau mari kita
buat...Banyak program yang bisa kita adopsi..Kita  khan pernah ke Malaysia,
berdiskusi dengan mereka, bahkan ke Eropa  sekalipun...

  FGD bisa saja kita lakukan  di Jakarta, saya melihat moment buka puasa dapat
kita jadikan sebagai  langkah awal...kalau perlu kita undang pak James tu
ha...apa visinya,  kita ajak pula ketua ASITA, PHRI dan banyak orang lain..

  bagaimana dengan usulan saya...??

    Sekian dulu...

  Wassalam.

  BLP

Be a better Globetrotter. Get better travel answers from someone who knows.
Yahoo! Answers - Check it out.

 Check out  the hottest 2008 models today at Yahoo! Autos.
Website: http://www.rantaunet.org