Assalaamualaikum wr.wb.,
Taraso sojuak bona taushiah bundo kito pagi ko, ambo ikuik maaminkan doa
semoga bundo sehat-sehat dan punyo pikiran nan jernih di umua baliau nan
duo bulan lai masuak ka 70 tahun.
Sanak saudaro Yth.,
Lama saya merenung membaca postingan di RN akhir-akhir ini, termasuk
postingan saya yang reaktif, dan malah saya telah melukai hati seseorang
(Maaf saya nggak ulang namanya lagi), perasaan menyesal terhadap diri
sendiri kala saya telah menciracaukan, mengeritik yang nggak
berkeruncingan menghantam orang lain, betapa pedihnya hati orang lain
dikatubahi di depan khalayak ramai, bukan tidak mungkin orang yang
pernah salah paham dengan kita satu saat akan jadi keluarga kita, besan
kita, menantu kita.
Kembali saya minta maaf kepada bapak/ ibu yang pernah kanai lantak dan
tersinggung oleh mail saya sehingga terjadi saling adu argumentasi dan
mempertahankan kebenaran masing-masing.
Semoga di bulan suci Ramadhan ini kita saling bermaaf-maafkan, saling
introspeksi diri, dan mudah-mudahan bersambung sesudah bulan puasa kita
tetap harmonis, indah, sejuk dan tenteram.
Ke depan, kalau ada mail yang kurang berkenan menurut pikiran saya yang
kerdil dan terbatas, sebelum saya balas dan "hak jawab", saya akan ambil
udhuk dulu, kalau perlu shalat duha dulu, kemudian saya akan pikirkan
sematang-matangnya apakah perlu saya balas mail itu, apakah cukup di
delete saja, ataukah apakah perlu saya kirimkan secara baik-baik ke
japri dia tanpa lewat milis atau jalur umum, ataukah perlu saya telepon
saja dnegan niat untuk lebih baik dan mengambil positifnya.
Ya Allah, hamba Mu ini adalah insan yang lemah dan punya sangat
keterbatasan, bimbinglah ya Allah.
Semoga saya bisa memenage emosi saya ini.
Mohon maaf dan Wassalam,
Elthaf, 47 Th kurang babarapo bulan., Pekanbaru