Dulu.... waktu-waktu baru kenal Internet dan cari2 info di website
yahoo dan google, berita macam yang rame ini sudah ketemu juga, tapi
memang, sekarang rame lagi dikarenakan ada petisi seperti yang sudah
kita tahu.

Saya gak tau, hal ini dikemukakan lagi apakah untuk bisnis,
popularitas atau apalah namanya, yang pasti, Film mengenai tokoh
pahlawan dari kampung kita ini sedang/akan dibuat.

Yang saya kwatirkan, jangan sampai ada gesekan antara orang Batak
dengan orang Minang dimanapun berada.

Oh yahh... saya punya banyak kawan Tapanuli seletan, tetapi mereka
tidak pernah mau disebut sebagai orang yang bersuku batak, seperti
yang disebutkan oleh orang Tapanuli Utara/Samosir, mereka mengatakan
etnis mereka Mandailing.

Untuk tambahan Info mengenai Sejarah, baru2 ini sudah keluar sebuah
buku yang berjudul "Greget Tuanku Rao " Penulisnya: Basyral Hamidi
Harahap.
Penerbit: Komunitas Bambu, Jakarta. September-2007.
Dimensi: 309 hlm / 14 x 21 cm. Harga: Rp 55.000

Saya memang belum baca, tetapi dilihat dari Deskripsinya, ini pasti
beda dengan buku yang dikarang oleh Mangaradja Onggang Parlindungan.

Berikut Deskripsi:
Bagaimanakah dan kapankah Islam menyebar di Tanah Batak? Apakah Islam
baru ke tanah Batak dibawa oleh Kaum Paderi? Benarkah telah terjadi
pembantaian besar-besaran yang kejam dan biadab ketika Kaum Paderi
masuk Tanah Batak membawa Islam sebagaimana yang dikisahkan M.O.
Parlindungan dalam buku Tuanku Rao? Lantas siapakah sebenarnya Tuanku
Rao, Tuanku Lelo dan Tuanku Tambusai yang disebut-sebut sebagai para
panglima perang pendukung ajaran Paderi dari Tuanku Imam Bonjol?
Dimana pula posisi  Tuanku Imam Bonjol dalam kejahatan kemanusiaan
itu, sikap apa yang diambilnya?

Semua pertanyaan yang bikin greget itu dijawab dalam buku ini yang
ditulis oleh "ensiklopedi berjalan" Tapanuli Selatan, Basyral Hamidiy
Harahap. Sebab itu membaca buku ini, boleh jadi pembaca akan
mempertanyakan sejumlah sejarah yang sudah dianggap sebagai kebenaran
sejarah, misalnya kepahlawanan Tuanku Imam Bonjol dan Tuanku Tambusai.

Menarik bahwa buku ini juga memperlihatkan perkembangan peradaban di
Mandailing, Angkola, Padang Lawas, Barumun dan Natal di Pantai Barat
Sumatera. Digambarkan tokoh Duet Godon dengan Yang Dipertuan,
pencerahan Willem Iskander, dan capaian-capaian sebagai implikasi dari
ini semua dengan munculnya Sutan Casayangan Soripada pendiri Indische
Vereeniging cikal bakal Perhimpoenan Indonesia 1908, Ja Endar Muda
Harahap raja surat kabar Sumatera, Amir Syarifuddin Harahap tokoh
Soempah Pemoeda 1928,  Kamaluddin Nasution yang terkenal sebagai Abdul
Rahman Rahim yang melakukan gerakan kebangsaan di Semenanjung Malaya,
para ulama yang melakukan kiprah di Mandailing, Sumatera Timur,
Semenanjung Malaya sampai ke pusat dunia Islam Makkah Al-Mukarramah.
Termasuk peran perempuan dalam membentuk karakter peradaban di Pantai
Barat Sumatra.

Bisa didapatkan di toko-toko Gramedia dan Gunung agung serta Toga Mas
mulai 30 September 2007. atau email ke: [EMAIL PROTECTED] email
address is being protected from spam bots, you need Javascript enabled
to view it / [EMAIL PROTECTED] email address is being protected
from spam bots, you need Javascript enabled to view it

Horas, mauliate.
http://www.batakmusic.com/index.php?option=com_content&task=view&id=131&Itemid=1&show=1

Website: http://www.rantaunet.org