From: Mantari Sutan <[EMAIL PROTECTED]>
To: RantauNet@googlegroups.com
Sent: Friday, August 31, 2007 3:44:55 PM
Subject: DAMI dan Raisah Ali: Kita Memang Baru Bisa Berkumpul Untuk Sekadar
Pertunjukkan Randai

Lupakanlah harapan untuk orang minang perantauan bisa bekerjasama dan melakukan
sebuah kerja besar.  Apalagi bermimpi untuk menjadi sebuah gerakan kesukuan
besar seperti orang Israel dan China lakukan.  Jangan pernah kawan-kawan.

Rasanya kita cocoknya memang sekadar berkumpul bersama, merencanakan dan
melaksanakan pertunjukkan randai, saluang, domino barabab dan sebagainya.
Lebih dari itu.  Susah rasanya.  Lihatlah contoh ka nan sudah dan tuah ka nan
manang.  Usulan mangumpuakan pitih seribu yang dilontarkan Soeharto di tahun
80an, tak pernah berkembang dengan baik.  Cuma begitu-begitu aja.  Tak
sepenuhnya salah, ada orang yang beranggapan organisasi ini hanya jadi alat
mempopulerkan
 pengurusnya, atau mempertahan posisi publik pengurusnya.

Menurut kawan saya, sesama minang kita tidak punya lagi yang namanya trust.
Katanya lagi, bisa jadi karena orang yang selama ini diberikan kepercayaan, tak
pernah sungguh menjalankannya.  Pragmatis belaka.  Katanya juga, tak heran
sebuah organisasi pengumpul dana abadi sosial, performancenya  tak lebih bagus
dari sebuah panitia pembangunan mesjid.  Padahal organisasi ini dipayungi oleh
orang nomor satu di ranah dan rantau.  Pelaksananya juga banyak bergelar
profesor, dan sebagian besar pengurusnya adalah orang yang berkategori well
educated.

Sekali lagi, ini menurut kawan saya.  Dan, saya lagi menimbang-nimbang komentar
kawan saya ini.  Hmmm.... rasanya kawan saya ini ada benarnya.

Salam

Tonight's top picks. What will you watch tonight? Preview the hottest shows on
Yahoo! TV.
http://tv.yahoo.com/

Website: http://www.rantaunet.org