---------- Forwarded message ----------
From: <mutiahsala...@yahoo.com>
Date: Fri, Apr 20, 2012 at 2:38 PM
Subject: [stk14] Fw: [lawalataipb] Marzuki Alie : RUU PPMA akan Disahkan
Tahun Ini
To: st...@googlegroups.com

**
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung
Teruuusss...!
------------------------------
*From: * EEN IRAWAN PUTRA <irawanpu...@gmail.com>
*Sender: * lawalata...@yahoogroups.com
*Date: *Fri, 20 Apr 2012 10:58:27 +0700
*To: *<adatl...@yahoogroups.com>
*ReplyTo: * lawalata...@yahoogroups.com
*Subject: *[lawalataipb] Marzuki Alie : RUU PPMA akan Disahkan Tahun Ini

*Marzuki Alie : RUU PPMA akan Disahkan Tahun Ini*

*Tobelo|ASTEKI-Kotahujan.com*-Setelah 13 tahun berjuang untuk pengakuan dan
perlindungan masyarakat adat. Tak lama lagi masyarakat adat nusantara akan
segera mendapatkan posisinya di Republik ini. Dengan dukungan semangat dan
doa segenap pegiat masyarakat adat diharapkan tahun ini posisi mereka bisa
ditegaskan pengakuannya dalam konstitusi. Yaitu dengan disahkannya RUU
Pengakuan dan Perlindungan Hak-Hak Masyarakat Adat (RUUPPMA) tahun ini.
Penegasan ini disampaikan ketua DPR Marzuki Alie saat memberi sambutan pada
pembukaan Kongres Aliansi Masyarakat Adat Nusantara IV, kamis (19/2/2012)
di Tobelo.

Jalan terang sudah dirintis, dua produk UU telah memberikan pengakuan,
yaitu UU No. 27 tahun 2007 tentang Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil dan UU No.
32 tahun 2009 tentang Pengelolaan dan Perlindungan Lingkungan Hidup. MoU
AMAN dengan Komnas HAM, Kementrian Lingkungan Hidup dan Badan Pertanahan
Indonesia. Bersandingnya ketiga produk UU tersebut nantinya akan semakin
mengefektifkan pengakuan dan perlindungan ini.

Dalam sambutannya Marzuki juga berpesan agar diingatkan soal proses
pembuatan UU (RUU PPMA) ini, yang kini tengah dikerjakan DPR. Termasuk
pembahasan UU tentang pemerintahan desa yang secara langsung berkaitan
dengan kepentingan masyarakat adat.

“Masyarakat adat wajib mengawal proses-proses politik yang sedang berjalan
ini agar UU dan berbagai kebijakan yang sedang dirancang dan dibahas ini
sesuai dengan aspirasi masyarakat adat,”

Konflik agraria yang terjadi di Indonesia banyak melibatkan masyarakat
adat. Banyaknya konflik akhir-akhir ini dinilai Marzuki karena dampak
pemerintahan masa lalu. Inilah yang harus segera diselesaikan dan
disempurnakan.

Penerapan hak FPIC masyarakat adat kini semakin diterima, khususnya dalam
kebijakan yang berkaitan dengan iklim. AMAN sudah mulai dilibatkan dalam
strategi nasional tentang REDD. Terkait penerapan FPIC dikalangan
pengusaha, politisi Senayan itu berujar bahwa semuanya segera diatur dan
disempurnakan pengaturannya agar tidak ada yang merasa dirugikan.

“Ada investasi yang masuk, tentu investasinya harus dilindungi. Tapi
masyarakat adatnya juga harus kita lindungi. Intinya tidak ada satu orang
pun yang dirugikan, secara bertahap akan kita lakukan perubahan, ” ujar
Marzuki.

Kehadiran Marzuki Alie selaku ketua DPR pada Kongres AMAN IV, menegaskan
makin baiknya posisi hubungan masyarakat adat dengan pemerintah. Sekjen
AMAN secara langsung menyerahkan naskah RUU PPMA untuk segera disahkan pada
oleh DPR tahun ini.
Untuk melihat video klik disini:
http://kotahujan.com/2012/04/marzuki-alie-ruu-ppma-akan-disahkan-tahun-ini/
-----

*Een Irawan Putra*
GEKKO STUDIO
Jln. Palem Putri III No 1 Taman Yasmin V Bogor, West Java
Indonesia 16112
Phone: 62 251 8431516
Mobile: 62 8159753580 / 62 81388041414
Email: irawanpu...@gekkovoices.com
Skype: irawanputra
www.gekkovoices.com

*"Jika masuk surga harus melalui partai politik, maka aku memilih untuk
tidak masuk surga" (Thomas Jefferson)*

 __._,_.___
  Reply to
sender<irawanpu...@gmail.com?subject=Re%3A%20Marzuki%20Alie%20%3A%20RUU%20PPMA%20akan%20Disahkan%20Tahun%20Ini>|
group<lawalata...@yahoogroups.com?subject=Re%3A%20Marzuki%20Alie%20%3A%20RUU%20PPMA%20akan%20Disahkan%20Tahun%20Ini>|
via web
post<http://groups.yahoo.com/group/lawalataipb/post;_ylc=X3oDMTJxdHFlcW1kBF9TAzk3MzU5NzE0BGdycElkAzE4ODc5MzIEZ3Jwc3BJZAMxNzA1MDQzNDY0BG1zZ0lkAzE3MzQzBHNlYwNmdHIEc2xrA3JwbHkEc3RpbWUDMTMzNDg5NDE1MA--?act=reply&messageNum=17343>|
Start
a New
Topic<http://groups.yahoo.com/group/lawalataipb/post;_ylc=X3oDMTJlMjNpdjJnBF9TAzk3MzU5NzE0BGdycElkAzE4ODc5MzIEZ3Jwc3BJZAMxNzA1MDQzNDY0BHNlYwNmdHIEc2xrA250cGMEc3RpbWUDMTMzNDg5NDE1MA-->
Messages in this
topic<http://groups.yahoo.com/group/lawalataipb/message/17343;_ylc=X3oDMTM2dTFndDJqBF9TAzk3MzU5NzE0BGdycElkAzE4ODc5MzIEZ3Jwc3BJZAMxNzA1MDQzNDY0BG1zZ0lkAzE3MzQzBHNlYwNmdHIEc2xrA3Z0cGMEc3RpbWUDMTMzNDg5NDE1MAR0cGNJZAMxNzM0Mw-->(
1)
 Recent Activity:

   - New
Members<http://groups.yahoo.com/group/lawalataipb/members;_ylc=X3oDMTJmYnJlYW9wBF9TAzk3MzU5NzE0BGdycElkAzE4ODc5MzIEZ3Jwc3BJZAMxNzA1MDQzNDY0BHNlYwN2dGwEc2xrA3ZtYnJzBHN0aW1lAzEzMzQ4OTQxNTA-?o=6>
   11

 Visit Your
Group<http://groups.yahoo.com/group/lawalataipb;_ylc=X3oDMTJlOGN0YmNtBF9TAzk3MzU5NzE0BGdycElkAzE4ODc5MzIEZ3Jwc3BJZAMxNzA1MDQzNDY0BHNlYwN2dGwEc2xrA3ZnaHAEc3RpbWUDMTMzNDg5NDE1MA-->
 Untuk keluar/berhenti menerima pesan dari milis ini, kirimkan email
kepada:
lawalataipb-unsubscr...@egroups.com

 [image: Yahoo!
Switch to: