BismillahirrahmanNirrahim,..

Siang td seorang sahabat lama mengirim sms untuk membaca tulisan da elthaf yang
sangat panjang dan dibuat dengan haru tampaknya. Setelah semua kerjaan selesai,
saya coba membuka email yang saya buat khusus menampung postingan rantaunet,
karena jujur seluruh postingan dari rantaunet saya forward dengan berat hati ke
email lain, karena lama lama saya jengah juga dengan diskusi yang isinya berang
/ bacakak sajo tiok hari dan sumbernya loe loe lagi loe loe lagi (3L).

Biasanya yang banyak gaya dirantaunet ini selama saya ikuti sejak tahun 2000
adalah adalah (Member baru, punya otak dikit dan agak sombong, baru ketemu
dunia internet trus kharakter satu lagi yang dominan adalah "Minder dan kurang
pede") nah biasanya karakter terakhir ini ditandai dengan penggunaan nama palsu
atau anonymous.

Saya pun rindu dengan suasana th 2000 - 2004 yang sangat kental silahturahminya
dan banyak mamfaatnya, banyak kemaslahatan yang dibuat oleh milis rantaunet
ini. Jujur orang tua saya sampai menangis mendengar saya bisa berbahasa Minang
dengan baik dan berkomunikasi dengan keluarga dikampung dengan bahasa Minang,
dan saya harus katakan jujur itu buah dari Rantaunet ini. Saya mau mengenal
adat, mempelajari dan mencari lebih jauh tentang Minang itu pun karena
Rantaunet ini.

Saya yakin banyak member lain yang seperti saya, haus akan sumber keminangan,
ingin belajar berbahasa Minang dan mengetahui hal hal lainnya. tapi belakangan
saya lihat koq milis ini jadi tempat debat kusir, orang berbuat baik dihina,
orang beramal disindir, keburukan orang dibahas, kebaikan orang gak ada yang
mau dengar, aneh........

Saya pikir sudah saatnya milis ini dibawa kembali ke esensi dasarnya dibangun
untuk menjalin silahturahmi, admin harus mengambil peran disini, tegakkan
peraturan yang dibuat. Kalau tidak mampu melakukannya sendiri karena
keterbatasan waktu dan lainnya, tidak ada salahnya dibuat team seperti dahulu
seperti team Komite Tata Tertib Rantaunet yang beranggotakan 13 orang dan bisa
lebih untuk memonitor lalu lintas posting.

Saya pikir orang2 seperti da elthaf punya waktu, da nofrins juga punya waktu
dan orang2 lainnya yang memang saya lihat mereka peduli baik waktu dan
finansial. mereka sudah buktikan dengan kegiatan2 yang bermamfaat untuk Minang.

itu mungkin masukan dari saya, diterima allhamdullilah tidak diterima toh saya
akan tetap cinta sama milis yang membuat saya merasa jadi orang Minang.

Note : Kalau ada komen yang sifatnya kurang suka japri saja ke saya jangan
berpolemik dimilis.

Salam Hormat
ROnal Chandra