Karena saya sudah membandingkan pemandangan sejumlah danau di dalam dan
luar negeri, maka sudah lama saya memberanikan diri menyatakan bahwa Danau
Maninjau adalah salah satu danau dengan pemandangann terindah di dunia.
Karena itulah, saya amat sedih setiap melihat Danau Maninjau dari dekat
saat ini yang airnya dan keindahannya tercemar oleh budidaya berlebihan
iklan karamba (ikan jalan apung). Karena itu jugalah, saya selalu mengajak
warga salingka Maninjau untuk memikirkan peralihan usaha ke jenis lain
dengan tetap memberi kesempatan kepada tiap rumah tangga yang rumahnya
memang di tepi danau untuk mendirikan keramba sekedar untuk menopang
kebutuhan rumah tangga, bukan sebagai sumber utama pendapat rumah tangga.
Salam dari Depok, Jawa Barat.

Andrinof A Chaniago (L/-50)