On Tuesday, June 12, 2012 5:30:12 AM UTC+7, andr...@gmail.com wrote:

> "..........Karena itu jugalah, saya selalu mengajak warga salingka
> Maninjau untuk memikirkan peralihan usaha ke jenis lain dengan tetap
> memberi kesempatan kepada tiap rumah tangga yang rumahnya memang di tepi
> danau untuk mendirikan keramba sekedar untuk menopang kebutuhan rumah
> tangga, bukan sebagai sumber utama pendapat rumah tangga......."

Assalamu'alaikumWW,

Bung Andrinof dan sanak sapalanta yang saya hormati,

Saya punya kesan yang sama ketika melihat foto cantik bung Armen : di satu
sisi kagum dengan keindahannya, dan di sisi lain amat sangat prihatin
dengan kerusakan lingkungan danau sebagai akibat pencemaran berat airnya.

Mengajak warga salingka Maninjau untuk alih usaha dari usaha keramba
merupakan salah satu alternatif solusi. Alternatif ini akan sangat efektif
jika memang warga salingka danau inilah yang merupakan pemilik usaha
keramba tersebut.
Pernahkah diadakan suatu survey/penelitian menyangkut siapakah sebenarnya
pemodal/pengusaha keramba ini, berapa persenkah yang benar-benar warga
Maninjau dan berapa persen pula pemodal/pengusaha luar Maninjau ?
Tingkat kepedulian (awareness) dan kepekaan warga asli dengan pendatang
tentunya amat berbeda.

Yang saya khawatirkan adalah jika ternyata sebagian warga hanya berfungsi
sebagai pegawai dari pemodal/pengusaha luar ini, maka hasil yang mereka
peroleh (dan warga lain yang 'numpang hidup' dari usaha keramba ini)
justru hanya sekadar penopang hidup yang bung Andrinof sebutkan itu. Jika
begini struktur kepemilikannya, maka pemodal luar dapat 'nangka'nya dan
warga menerima 'getah'nya berupa danau yang rusak binasa nantinya.

Yang perlu difikirkan secara matang saya kira adalah bermacam alternatif
alih usaha yang mungkin bagi warga seputar danau. Ini tampaknya memerlukan
turun tangannya para profesional dan pemerintah daerah secara serius.

Maaf & wassalam,

E. Buchari

L-69, Ciputat Timur