Kasudahanno, macam-macam juo nan tajadi...

Tahun 1985 ambo pulang kampuang sasudah maninggakan kampuang salamo
20 tahun, satu generasi. Kabatulan wakatu itu ado Hari Ulang Tahun
Partamu Bukittinggi Kota Wisata. Sajak pagi muloi di muko Rumah
Bola, ambo mancaliak arak-arakan anak sikola sekitar kota tamasuak
di bawah Jam Gadang sarato patunjuakan acara senitari di Kabun Bungo
sampai patang hari.

Mungkin ado banyak Rang Lapau kito kini ko nan bapartipasi takana
Hari Ulang Tahun Partamu Bukittinggi Kota Wisata tu dengan lagu-lagu
nan dikarang-karang khusus untuk hari itu. Kok ado nan sato babarih-
barih kuliliang kota atau manari-nari di Kabun Bungo wakatu itu
mungkin ado nan manampak saurang mambawo kamera nan ilang-ilang
timbua di macam-macam tampek. Ado nan manganggap urang tu saurang
wartawan nan antah datang antah dari maa. Ano indak mangecek, urang
manayangko ano turih sasek.

Samantaro anak-anak dan partisipan umum tampakno bergembira
ria,manyanyi, bapakaian Datuak-datuak jo Bundo Kanduang ado nanpakai
Baju Guntiang Cino jo Guntiang Amoek Angkek, dari nan ketek TK
sampai nan gadang SMA, ambo nan manciliang jo kamera agak sadiah
bacampua sabak manganangkan baa Bukittinggi Kota Wisata nanti
sabagai Resort Area dengan macam-macam dampakno.

Rupono iyo, ... macam-macam juo nan tadjadi ...

Salam,
--MakNgah
Sjamsir Sjarif

--- In [EMAIL PROTECTED], Yulnofrins Napilus <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> Sabanta iko ambo sms Kadisbudpar Sumbar mempertanyakan kebijakan
Wako Bkt ini. Apa tidak ada cara lain dan lebih baik...? Ini jawaban
sms Pak James:
>   "Ha..ha..ha, kanyang ambo sahari ko Nof. Gambar gadang kalua di
Singgalang ttg rencana penutupan jam gadang di Bkt. Alah ambo agiah
komentar ka kwn2 pers ttg dampak dr kebijakan tsb. Pak Gub lah
diminta pulo tanggapannyo. Well..., kito akan koord kan dg
pariwisata Bkt. Kok ka iyo juo, manga kini dikaluakan kaba tu. Wass".

>   Dari wartawan Tempo:
>   "...kemunduran lagi bg pariwisata bukittinggi, wisatawan takut
digrebek satpol pp."

>   Ini dari wartawan Senior Kompas:
>   "betul, ini pukulan telak. Pencitraan Wali Kota Bkt yang ingin
xxxx xxxxxxxx Sumbar ini, barangkali, ingin bersih dan islami.
Hahaha... Tapi, beginilah paradigma lama itu, se-olah2 pariwisata
itu kotor dan maksiat."

>   Bahwa penanganan anti maksiat di Ranah, HARUS dan WAJIB
hukumnya...! Tapi mungkin perlu cara-cara yg lebih simpatik lainnya.
Gaya-gaya penggerebekan seperti ini, apa sudah dipikirkan betul
dampaknya secara Nasional dan Internasional...? Media yg haus
sensasi...? Internet yg bisa menyebarkan berita dalam sekejap ke
puluhan ribu orang...? Tapi antahlah, kito kan cuman penonton nan
maraso labiah tahu dari pemain...

>   Krn kita mungkin hanya bisa melihat dari luar lingkaran saja.
Sehingga tidak tahu persis apa yg terjadi didalam sana. Mungkin Pak
Wako memang benar dan sudah harus mengambil kebijakan berani ini.
Kita di ranah sekarang, kekurangan Pemimpin yang berani mengambil
keputusan tanpa takut thd isu pro dan kontra...:)

nanang, nanang" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
>           Tagalak ambo mambaco berita di koran singgalang ko.
Selalu mempermasalahkan atau mancari kambiang hitam benda nan tak
bergerak tu. Jam gadang merupakan icon Bukittinggi mungkin juga
Sumatra Barat, tapi apa lacur, pererintah sebagai regulatornya malah
berpikir lain. Ini akibat kurang kreatif dalam berpikir, bapikia
mamakai kacomato kudo, nan luruh jo nan tampak. Kesalahan terbesar
saat iko adalah dimasyarakat sendiri, UU lah mamutuihan bahwo
masyarakat nan harus pintar mamiliah walikotanyo ()kapalo daerah).
Kok takah iko taruih walikota ka sadonyo, karamlah kapa ko.
>   Manjadiakan kota dengan magnet jam gadang ko, tapi magnet ko nan
ditutuik, a nan ka tajadi........apa kata dunia. Sebagai seorang
pemimpin haruslah mempunyai jiwa enterpreneur yg baik, punyo banyak
ide, jan bisanyo manjalankan roda pemerintahan sajo, iko tipe2 nan
mahabihan pitih negara, nak pandai mancari sumber lain, ndak kreatif.
>   Benang merah dari parawisata sumatera Barat ko adalah caro
pandang dalam manggali potensi dan selalu mampunyoi patokan hasil
dari jangka pendek serta nak pernah mendalami proses.
Ampunnnnnn......

>   Nanang
>   segeteklai 36
>   baru sampai di jkt

kian marak di kenal seantero Nusantara.
>   Tapi yang paling tidak habis pikir, mengapa cara pandang
terhadap masalah bukan pada pembenahan sistem tapi pada benda mati
itu sendiri.
>   Yang salah disini adalah pengaturan dan tidak tegaknya aturan,
kok malah Jam Gadang yang "tabaok rendong".
>   Kalau dihitung-hitung, yang berbuat maksiat dengan dengan ingin
betul-betul menikmati keindahan jam gadang di malam poergantian
tahun itu , mungkin jauh lebih banyak yang inginmenikmati. Mengapa
yang dengan niat tulus dan baik harus dikalahkan oleh klesalahn
sebagian orang tsb.Harusnya Pemda BKT lebih jeli lagi melihat hal
ini.
>   Penuh sesakny aJam Gadang, karena mobil dan kendaraan turut
memadati daerah sekitar jam Gadang. PAdahal sudah dari dulu wacana
membuat daerah ini bebas parkir dengan mbuat gedung parkir sudah
kemana-mana tapi belum ada realisasinya.
>   MAsalah kondom yang bececeran, apa hubungannya dengan Jam
Gadang. Yang salah itu orangnya, bukan Jam Gadangnya yang ditutupi.
Anehhh...!!!!

dipertegas Pak Wali, sagan wak jo urang, sajak dulu bana sangaik,
Jam Gadang tu tanang sen sinannyo.
>   Bukittinggi, Singgalang
> Jam Gadang ditutup! Tak ada lagi dentang bunyinya. Tak ada jarum
jam yang terlihat. Tak ada pesta, tak ada keramaian. Hening-hening
saja. Diam! Itu nanti, malam old and new pergantian tahun 2008 ke
2009 menda­tang.. Malam-malam penuh gemerlap di pelataran Jam
Gadang pada tahun-tahun sebelumnya takkan terulang lagi. Begitulah
berdasarkan pengalaman pada acara menyambut tahun baru 1 Januari
2008 lalu, maka mulai malam 31 Desember 2008 dan men­yambut
tahun baru 1 Januari 2009, Jam Gadang ditutup dan kebijak­sanaan
itu sudah disetujui Muspida.
>   Djufri pun berkisah. Pada Senin malam (31/12) lalu, di taman Jam
Gadang diadakan pentas terbuka, dengan acara puncak menyambut tahun
baru. Ternyata di seluruh pelataran dipenuhi warga. Namun di tengah
kerumunan warga itu, ada beberapa keluarga yang mengge­lar tikar
dan mereka duduk di sana sekeluarga.. "Saya tidak dapat bayangkan,
bagaimana bila terjadi keributan, tentunya keluarga yang juga
mengikut-sertakan anak kecil ini bakal terinjak. Dan, bukan tidak
mungkin bakal menimbulkan ko­rban," Djufri menguraikanny .
Justru itulah, tidak ada lagi acara penyambutan tahun baru di
seputar Jam Gadang, meski orang-orang akan menikmati pergeseran
tahun baru dengan berdempetnya jarum panjang dan jarum pendek pada
Jam Gadang tersebut. Sisi lain, berdasarkan laporan petugas
kebersihan pagi hari, banyak ditemui `balon', maksudnya kondom
bekas. Ada apa ini? Nah, dari pada acara menyambut tahun baru
berlanjut ke maksiat, Pemko Bukittinggi bersama Muspida sepakat akan
menutup Jam
>  Gadang dan tidak memberikan izin keramaian pementasan.
>   "Kuncinya adalah Bukittinggi harus bebas dari maksiat," tegas
Djufri. Bentuk penutupan Jam Gadang itu direncanakan mempergunakan
marawa Minangkabau dengan tiga warna, yakni hitam, merah dan kuning.
Ketiga warna tersebut adalah warna kebesaran Minangkabau.
Soren­ya, 31 Desember sekitar pukul 17.00 WIB diadakan upacara
penutupan Jam Gadang, dan esoknya, 1 Januari sekitar pukul 06.00
dibuka lagi, juga dalam sebuah upacara. Begitulah benarlah. o
202/203/432/K.01

2/K.01

Website: http://www.rantaunet.org
- Wajib mematuhi Peraturan Palanta RantauNet, mohon dibaca dan dipahami! Lihat
di http://groups.google.com/group/RantauNet/web/peraturan-rantaunet.
- Tuliskan Nama, Umur dan Lokasi anda pada setiap posting.
- Email attachment, DILARANG!!! Tawarkan kepada yang berminat dan kirim melalui
jalur pribadi.
- Anggota yg posting email besar dari >200KB akan dibanned, sampai yg
bersangkutan minta maaf & menyampaikan komitmen akan mengikuti peratiran yang
berlaku.
Dengan terlebih dahul

  • ... Bot S Piliang
    • ... Lies Suryadi
    • ... asfarinal, asfarinal, asfarinal, asfarinal nanang, nanang, nanang, nanang
      • ... Yulnofrins Napilus
        • ... Lies Suryadi
        • ... hambociek
        • ... Bandaro Labiah