Pak Saaf n.a.h,
bolehkah saya mendapatkan bahan-bahan hasil investigasi kasus Tanjung
Priok? Tidak usah versi akhir, versi raw data lebih baik. Saya sudah punya
beberapa data juga, tapi intuisi saya bilang bahan dari Pak Saaf/Komnas HAM
mungkin akan sangat membantu.

Kebetulan saya butuhkan itu untuk sebuah novel saya berjudul "Las Palabras
de Amor" yang sudah berjalan sejak 2006 dan masih on progress sampai
sekarang.

Novel ini lebih menyoroti kebangkitan (aktivitas) gerakan Islam di jaman
Orde Baru, sebagai domino effect sejak suksesnya Khomeini menumbangkan Shah
Iran (1979), dan cerita terus bergerak sampai mid 2000-an.

Saya melihat contoh novel "Norwegian Wood" karya sastrawan Jepang Haruki
Murakami yang menyoroti perubahan sosial politik di Jepang era 70-an lewat
refleksi lagu The Beatles itu. Sementara saya membuat plot paralel untuk
melihat perubahan sosial di Indonesia era 80-an, 90-an, dan 2000-an, lewat
lagu Queen favorit saya itu ("Las Palabras de Amor" adalah bahasa Spanyol
untuk "The Words of Love", lagu yang diciptakan oleh gitaris Queen, Brian
May, Ph.D yang pernah jadi thread di Palanta ini beberapa hari lalu).

Terima kasih lebih dulu atas bantuan Pak Saaf.

Wassalam,

ANB
Cibubur

Pada 6 April 2013 11.08, Dr Saafroedin Bahar <saafroedin.ba...@rantaunet.org