--- Syafrinal Syarien <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Sama halnya dengan saya (seorang native Indonesian
> speaker) bisa merasakan keindahan puisi Amir Hamzah
> atau Chairil Anwar tanpa 100% mengerti maksud puisi
> mereka itu. Atau orang Inggris yang menikmati karya
> Shakespeare walau banyak kosa kata tidak dipakai
> sama
> sekali dalam kehidupan sehari-hari.

Yah jelas dong. banyak kosa kata bahasa Arab yang ngak
bisa dipakai sehari-hari. Contoh saja bahasa sastra.
Bisa kelimpungan, atau bisa dikira orang majnun(gila)
kita kalau pakai bahasa sastra tiap ketemu orang.

>.
>
> Kembali pada topik kita tentang pentingnya belajar
> bahasa Arab. Akhirnya saya sampai pada kesimpulan
> bahwa Anda tidak mungkin memahami AlQuran hanya
> dengan
> modal fasih berbahasa Arab!

Modal fasih ini yang mana dulu. Kalau fasihnya dalam
berbicara bahasa Arab. Arab yang mana dulu. Fushahkah,
atau Ammiyahkah?

Kalau fushah, sudah jelas bisa memahami AlQuran,
karena bahasa AlQuran dalam bahasa yang benar itu,
kalaupun ngak ngerti secara dzahir, bisa dibaca dalam
penafsiran ulama yang berbahasa Arab. Contoh, kata
dzalim dalam alQuran, ada sahabat bertanya :"Wahai
rasulullah, ada emangnya orang yang mendzalimi dirinya
sendiri? Ada, jawab Rasulullah. Orang yang berbuat
syirik.

Kemudian, dalam bahasa Arab, secara fushah disebukan
kalimat Fazzaajiraati zajraa(ini balaghanya/sastra
indah sekali), kalau diartikan secara letter "dan demi
rombongan yang melarang". Faham ngak orang sampai
disana? Ngak fahamkan? Tentu membutuhkan penafsiran
lebih lanjut, maka haruslah dilihat penafsiran dari
orang yang paling dekat dengan Rasulullah, karena
merekalah yang paling mengerti akan Kitabullah. Nah,
untuk mempelajari penafsiran mereka yang berbahasa
Arab ini, apa bisa begitu saja tanpa mempelajari
bahasa Arab fushah?

> Bahasa Arab yang Anda pelajari sekarang dan dipakai
> dalam kehidupan sehari-hari di jazirah Arab sana
> tidak
> sama dengan bahasa Arab versi Quran.

Gimana yah...saya belajar dua bahasa. satu fushah,
satunya lagi Ammiyah. Ammiyah, untuk inter aksi saya
dengan orang disini, dan ini ngak perlu saya
mempelajarinya, cukup dengan sering ngomong sama
mereka, juga nonton televisi, atau dengar radio.

Sementara yang satu lagi, ini fushah, ini harus
dipelajari secara mendalam, baik
balaghahnya(sastranya), nahwunya(grammarnya), ataupun
sharafnya(perpalingan dari satu kata kekata lain, sat
huruf ke huruf lain, karena setiap penambahan kata,
memiliki penambahan arti juga. Jadi dua bahasa
sekaligus yang saya pelajari.

Kalau yang anda maksud bahasa Ammiyah, ialah mana bisa
saya memahami AlQuran dengan bahasa itu saja. Tetapi
dengan memahami bahasa Fushah, InsyaAllah jelas lah
dah bisa saya memahami artinya nya, alhamdulillah
membaca lQuran, tanpa lihat terjemahannya saya dah
faham artinya.

Tetapi untuk maksud sebenarnya, harus saya lihat dulu
penafsirannya, dan saya ngak akan melihat penafsiran
dari bahasa Indonesia, ataupun penafsiran berbahasa
Inggris, karena saya khawatir ada kesalahan disana,
harus saya lihat penafsiran ulama salaf dahulu yang
berbahasa Arab juga, atau tafsir AlQuran bil Quran,
atau tafsir dengan hadits, baru tafsir dengan
Rakyu(pendapat). Ngak semudah itu untuk mengeluarkan
suatu statemen, bila berkaitan dengan AlQuran.

Wassalamu'alaikum. Rahima

http://www.yahoo.com/r/hs

http://groups.google.com/group/RantauNet/web/peraturan-rantaunet.
- Tuliskan Nama, Umur & Lokasi anda pada setiap posting.
- Hapus footer & bagian yg tidak perlu, jika melakukan reply.
- Email attachment, DILARANG! Tawarkan kepada yg berminat & kirim melalui jalur
pribadi.
- Posting email besar dari >200KB akan dibanned, sampai yg bersangkutan minta
maaf & menyampaikan komitmen mengikuti peraturan yang berlaku.